Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Angkatan Berkat Dilombakan Oleh MA Hasan Jufri

Angkatan Berkat Dilombakan Oleh MA Hasan Jufri

Posted by Media Bawean on Senin, 11 Januari 2016






Untuk menumbuhkan tradisi budaya maulid Nabi Muhammad SAW. di Pulau Bawean, Madrasah Aliyah (MA) Hasan Jufri menggelar lomba angkatan berkat maulid, kemarin. Moh. Nasir Kepala MA Hasan Jufri mengatakan tradisi maulid perlu ditanamkan kepada seluruh siswa untuk mempertahankan budaya turun temurun di Pulau Bawean.

Dikatakan, melalui lomba ini, dia berharap ada semangat dan kekompakan antar sesama siswa dan kreasi angkatan berkat yang bagus. juga sekaligus mempertahankan tradisi budaya maulid. Setiap angkatan berkat dinilai dari isi seperti adanya makanan khas Bawean seperti rengginang, dodol, guggudu. Selain itu dinilai dari kerapian penyusunan didalam berkat, termasuk keunikan merangkainya, serta adanya bunga telur. “Kami juga menggelar lomba cerdas cermat dengan soal sejarah Nabi Muhammad SAW,” terang Nasir. 

Nur Ani siswa asal Sungaiteluk mengaku, dia gembira mengikuti kegiatan lomba merangkai berkat maulid. Diawali mengumpulkan isi berkat, lalu mencari ide untuk rangkaian agar bisa meraih prestasi dalam lomba.

Menurutnya membuat rangkaian berkat diperlukan modal puluhan ribu. “Dengan modal iuran, siswa berkreasi sesuai karyanya sendiri,”katanya.

Melihat hasilnya, terlihat angkatan berkat berbagai aneka kreasi, seperti kapal ataupun bentuk lainnya.

Amirussholihin menyatakan senang bisa mengikuti lomba merangkai angkatan berkat maulid. “Melalui kegiatan ini bisa melatih siswa untuk melestarikan budaya maulid di Pulau Bawean,”pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean