Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Wisatawan Ramai Berkunjung, Rental Mobil Untung

Wisatawan Ramai Berkunjung, Rental Mobil Untung

Posted by Media Bawean on Sabtu, 09 Januari 2016




Perkembangan pariwisata Pulau Bawean membawa keberkahan bagi pengusaha rental mobil dan sopir pemandu wisata. Mereka kebanjiran order. Saiful Ulum (37 th.) berprofesi sebagai sopir untuk wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bawean mengaku sudah belasan tahun menekuninya. “Senang melayani wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bawean,”katanya.

Hampir setiap hari selalu ada wisatawan yang minta hantar keliling Pulau Bawean, khususnya mengunjungi obyek wisata seperti danau kastoba, Pulau noko, penangkaran rusa dan lain-lain. Untuk sewa mobil jenis toyota avansa selama 24 jam dipatok Rp.250ribu, sedangkan sewa lengkap sopir dan ditanggung bensin sebesar Rp.450ribu per hari.

Pengalaman yang sering dialami selama menghantar wisatawan selama dalam perjalanan meminta penjelasan terkait asal usul Pulau Bawean, termasuk cerita obyek wisata yang ada. “Butuh kemampuan komunikasi antara sopir dengan pengunjung agar tanda tanya yang disampaikan bisa terjawab,”ujarnya.

Ayah beranak satu ini mengaku setiap menghantar wisatawan bisa mendapatkan penghasilan Rp.100ribu perhari, terkadang wisatawan juga memberi lebih sebagai tali asih. “Pantangan bagi saya untuk meminta jatah lebih kepada wisatawan yang minta hantar, tapi kalau memberi yah saya terima,”jelasnya.

Adapun kesan wisatawan yang telah dihantarkan berkunjung ke obyek wisata yang ada di Pulau Bawean, semuanya menilai bagus dan indah. “Hanya keluhannya, kenapa obyek wisata yang indah tidak dikelola secara baik,”tuturnya.

Diakuinya memandu wisatawan diperlukan pengetahuan seluruh kampung di Pulau Bawean. Karena terkadang ada wisatawan yang minta antar ke rumah saudaranya. Ataupun mencari saudara yang selama ini tidak pernah berjumpa, sehingga mencarinya sampai bertemu.

Imran Rasyadi sebagai pengusaha rental sewa mobil di Pulau Bawean, mengatakan harga sewa mobil yang dilengkapi sopir dan bensin untuk sewa sehari dipatok Rp.450ribu. Dengan rincian untuk sopir sebesar Rp.100 ribu dan bensin ditaksir Rp.100 ribu. “Itupun siap melayani selama 24 jam, termasuk menghantar ke rumah makan di Pulau Bawean,jika sewa mobil saja tanpa sopir ataupun bensin, sehari ditaksir Rp.250ribu,”tuturnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean