Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Buah Naga Tumbuh Subur di Pulau Bawean

Buah Naga Tumbuh Subur di Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Senin, 25 Januari 2016



Buah naga ternyata bisa tumbuh subur di bumi Pulau Bawean. Muhammad Ilyas asal Menara desa Gunungteguh mengaku senang buah naga yang ditanam diperkarangan rumahnya ternyata bisa membawa keberuntungan.

Berawal dari pemberian batang pohon buah naga yang diberi saudaranya di Blitar sekitar 6 tahun yang lalu, setelah ditanam ternyata bisa tumbuh baik. "Sekarang sudah banyak pohonnya, termasuk diambil warga lainnya yang ingin menanamnya juga,"katanya.

Menurutnya musim buah naga berbuah pada bulan november sampai maret. Menariknya buah naga berbuahnya tidak bersamaan seperti buah lainnya. "Sepertinya bergantian berbuah sehingga tidak putus,"ujarnya.

Lumayan hasil panen bisa dijual untuk mencukupi kebutuhan bersama keluarga di rumah. "Belum sampai di pasar sudah habis terjual, harganya yang besar Rp.15 ribu, tanggung Rp.13 ribu dan kecil Rp.10 ribu. Lumayan setiap panen bisa memperoleh Rp.2 juta,"paparnya.

Selain dijual, buah naga juga dibagi-bagikan kepada tetangganya di kampung Menara.

Kepala UPT Pertanian Bawean Lailatul Mukarromah mengatakan struktur tanah sangat cocok untuk ditanam buah naga, terbukti banyak warga yang menanam berhasil.

Untuk mensosialisasikan penanaman buah naga di Pulau Bawean, pihaknya merencanakan membuat perkampungan yang khusus seluruh warganya menanam buah naga. "Buah naga sangat menguntungkan karena buahnya masih langka di Pulau Bawean, termasuk harganya masih tergolong mahal bila dibandingkan buah mangga,"pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean