Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Gawat, BPN Beri Ruang Pungli Prona

Gawat, BPN Beri Ruang Pungli Prona

Posted by Media Bawean on Selasa, 26 Januari 2016


Sosialisasi Prona di kecamatan Sangkapura oleh petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Gresik memberikan ruang pihak desa melakukan penarikan (pungli). Sehingga program pembuatan sertifikat gratis itu dipastikan hanya selogan saja.

Teguh petugas BPN menjelaskan program prona tanpa dipungut biaya seperesenpun, semua ditanggung oleh pemerintah. Namun aparat desa yang membantu program ini dipersilahkan untuk memungut biaya. “Tapi untuk tim yang berkerja di desa silahkan diurun rembug, seperti perangkat yang ikut dalam pengukuran ataupun lainnya,”katanya.

Menurutnya biaya pengukuran dan pemetaan bidang tanah, penyuluhan, pengumpulan dan pengolahan data yuridis, sidang panitia, pembukuan hak dan penerbitan sertifikat ditanggung pemerintah.

Dalam prona tahun ini kecamatan Sangkapura mendapatkan jatah sebanyak 950 sertifikat gratis, tapi ironisnya warga di desa sepertinya kurang menarik untuk memanfaatkan program ini.

Buktinya di desa Patarselamat dari 75 jatah prona hanya 30 warga yang mendaftar. Abdus Salam kepala desa Patarselamat mengatakan warganya kurang minat memanfaatkan program prona alasannya belum memahami manfaat sertifikat. Ataupun warga mengganggap kurang penting dikarenakan letak tanah ada di daerah pegunungan. “Alasan lainnya tanah belum dibagi waris ataupun pemiliknya berada di Malaysia,”paparnya.

Hal senada diungkapkan kepala desa Gunung Teguh, Abdul Haris menyatakan dari 100 jatah prona sampai sekarang hanya 30 warga yang mendaftar. “Minimnya warga memanfaatkan program prona disebabkan warga belum mengetahui arti pentingnya tanah bersertifikat,”jelasnya.

Sementara petugas BPN yang hadir dalam sosialisasi menolak diwawancarai terkait persoalan rendahnya animo masyarakat Bawean untuk memanfaatkan program prona. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean