Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Segera Atasi Bencana Longsor di Bawean

Segera Atasi Bencana Longsor di Bawean

Posted by Media Bawean on Jumat, 11 Maret 2016




Longsor yang melanda Pulau Bawean beberapa waktu lalu langsung mendapat respon dari Wakil Bupati (Wabup) Gresik Mohammad Qosim. Disela-sela kunjungannya di Pulau Bawean, orang nomor dua di Kabupaten Gresik ini menyempatkan untuk mengunjungi lokasi longsor. Bahkan, Wabup mengintruksikan kepada BPBD agar segera melakukan pembersihan tebing.

“Saya minta agar bebatuan yang bergelantungan di atas tebing segera diturunkan, soalnya sangat mengancam keselamatan pengguna jalan yang lewat. Bahaya ini, segera dilakukan perbaikan agar batuan di atas bisa diturunkan,” kata Qosim, kemarin.

Menurut dia, jika dibiarkan tentu membahayakan kepada keselamatan pengguna jalan lingkar Bawean. Apalagi menurut Wabup Gresik sudah terlihat jelas batuan yang bergelantungan di atas tebing cukup banyak. “Batu-batu itu hanya tertahan ranting saja,” ujarnya.

Dikatakan, Mohammad Qosim juga meminta para perangkat desa untuk segera mengajukan anggaran mengatasi longsor tersebut. Sebab, pembangunan tebing sangat diperlukan mengingat kondisi tanah yang mudah sekali untuk longsor. “Jika hujan bisa tergerus kembali, sehingga longsor karena tidak ada dinding pembatasnya,” paparnya.

Sementara itu, Abdul Haris Kepala Desa Gunung Teguh berharap agar segala persoalan infrastruktur di daerahnya segera mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Gresik. “Sudah lama jembatan penghubung antar desa belum terbangun, sementara jembatan dibuat dari bambu. Untuk pembangunan sudah mengajukan anggaran sebesar Rp 500 juta untuk jembatan dan dinding pembatas,” terangnya.

Di tempat yang sama, M. Zen Kepala UPT Pekerjaan Umum Bawean menyatakan perbaikan jalan lingkar yang longsor bebatuan di kawasan Desa Kepuhlegundi segera dilaksanakan.

“Nantinya akan dikepras dan batuan yang bergelantungan diatas akan turunkan karena mengancam keselamatan pengguna jalan,”pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean