Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Mengenal Bungkona Eson, Pusat Informasi Wisata Bawean

Mengenal Bungkona Eson, Pusat Informasi Wisata Bawean

Posted by Media Bawean on Jumat, 22 April 2016





Selama lima tahun Bawean Tourism bekerja mempromosikan pariwisata Pulau Bawean. Tanggal 1 April 2016, Bawean Tourism melaunching “Bungkona Eson”, pusat informasi wisata dan oleh-oleh khas Pulau Bawean.

Musyayana owner Bawean Toursm menyatakan Bungkona Eson, sengaja menggunakan bahasa Bawean dalam rangka mengenalkan bahasa lokal kepada wisatawan.

Bungkona Eson artinya rumah saya. Pilihan menggunakan kata Bungkona Eson tidak terlepas dari nilai filosofi orang Bawean. Dimana orang Bawean yang dikenal ramah, ketika berjumpa dengan teman di jalan, kalimat yang sering diucapkan adalah “Ayu ambu ka bungkona eson” yang artinya “Ayo mampir ke rumah saya”.

Kata “saya’ di Pulau Bawean banyak tingkatannya. Kami sengaja memilih kata “eson” karena cenderung tidak ada batasan umur dan terkesan lebih akrab. “Saya ingin membangun keakraban antara penduduk lokal dengan wisatawan yang berkunjung ke Bawean,”katanya.

Menurutnya masih banyak wisatawan yang memilih mencari detail informasi wisata on the spot ketika tiba di destinasi wisata. Harapannya Bungkona Eson mampu memberi jawaban untuk wisatawan dengan tipikal seperti itu.

Selain jadi pusat informasi wisata, Bungkona Eson juga menjadi pusat oleh-oleh khas Bawean. Hal ini berangkat dari pengalaman tamu-tamu kami yang kebingungan mencari oleh-oleh Bawean. Waktu kunjungan yang singkat menjadi semakin tidak efektif jika wisatawan harus mendatangi satu persatu rumah warga yang memproduksi kerajinan dan kuliner Bawean untuk dijadikan oleh-oleh.

“Marilah semua pengrajin dan UKM untuk bekerjasama. Mereka boleh menitipkan produk mereka di Bungkona Eson. Saya akan bantu menjual pemiliknya,”tuturnya.

Bungkona Eson juga menyiapkan homestay di lantai 2. Sistem yang coba dibangun seperti sistem satu atap. Dimana dalam satu tempat kami menyiapkan pusat informasi wisata, pusat oleh-oleh dan homestay bagi wisatawan.

Harapannya, Bungkona Eson yang berlokasi di Dusun Songai Topo, Desa Sungai Teluk, sekitar 200 meter dari pintu masuk Pelabuhan Baru Sangkapura, mampu menjadi katalisator perkembangan industri pariwisata Pulau Bawean. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean