Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pahit Terasa Manis Bila Dimakan dengan Seribu Rasa

Pahit Terasa Manis Bila Dimakan dengan Seribu Rasa

Posted by Media Bawean on Sabtu, 23 April 2016



Buah seribu rasa mampu mengubah rasa di lidah. Rasa kecut atau asam, akan berubah manis setelah mengkonsumsi buah ini.

Seorang warga Dirman Fauzi menilai buah seribu rasa tergolong aneh. Buah ini mampu merubah rasa dari makanan yang kecut menjadi manis. “Sudah dua kali mencobanya, ternyata buah belimbing dan jeruk yang kecut berubah rasa manis setelah memakan buah seribu rasa,”katanya.

Penemuan buah ini berawal dari monyet yang makan buah mahoni. Padahal buah mahoni rasanya sangat pahit. Ternyata disela-sela makan buah mahoni, monyet diimbangi makan buah seribu rasa. Kemudian warga mencobanya ternyata memang benar-benar manis walaupun makan buah rasa pahit ataupun kecut. Buah ini tumbuh dataran tinggi. Warga butuh waktu dan Keterampilan khusus untuk mencarinya.

Sahidan, sekretaris Gapoktan desa Daun menyatakan pencarian buah seribu rasa melalui medan sangat sulit, yaitu ke hutan rimba. “Sangatlah wajar bila harganya mahal, sehubungan warga yang mencarinya membutuhkan waktu melalui medan penuh tantangan,”paparnya.

Abdul Aziz, kepala desa Daun menjelaskan buah seribu rasa sebelumnya diberi nama sempol. Untuk menaikkan nilai jualnya, namanya diganti seribu. “Dijamin setelah makan buah seribu rasa, setelahnya makan apapun akan terasa manis. Termasuk makan garam juga terasa manis tidak manis,”tuturnya.

Naiknya harga buah seribu rasa membuat banyak warga desa Daun melakukan pencarian ke hutan rimba. Hasilnya dijual kepada warga setempat yang mengumpulkan untuk dijual lagi kepada peminatnya dari berbagai daerah di Indonesia. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean