Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pokmaswas Hijau Daun Lakukan Transpalantasi Terumbu Karang

Pokmaswas Hijau Daun Lakukan Transpalantasi Terumbu Karang

Posted by Media Bawean on Sabtu, 07 Mei 2016




Sekelompok pemuda yang menamakan diri Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Hijau Daun berjuang men- jaga ekosistem pantai dan laut. Selain penanaman Mangrove, kelompok ini melakukan transpalantasi terumbu karang.

Salah satu hasil kerja kelompok ini yang terlihat yaitupenanaman pohon mangrove disepanjang pantai desa Daun. Hutan magrove tersebut merupakan bukti nyata kekompakan Pokmaswas Hijau Daun dalam menjaga lingkungannya.

Selain menjaga lingkungan pesisir dengan penanaman mangrove, Pokmaswas Hijau Daun juga melakukan transpalantasi terumbu karang di perairan laut sekelilingnya. “Ada 40 bidang transpalantasi terumbu karang yang ada didalam laut, setiap bidang ada 25 bibit ,”katanya.

Transpalantasi sudah berjalan sekitar 10 bulan lamanya. “Setiap saat selalu dilakukan pemeriksaan untuk melihat hasil perkembangan pertumbuhan. Bila ada terumbu karang yang rusak akan diganti baru,”ujarnya.

Sutadi Trikomadiyono, kepala UPT Pelabuhan dan Konservasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Bawean menilai Pokmaswas Hijau Daun termasuk salah satu kelompak yang siap mengikuti lomba tingkat Jawa Timur. “Melihat administrasi dan kerja nyata di lapangan mempunyai kesiapan penuh untuk meraih prestasi yang terbaik,”paparnya.

Bukti kerberhasilan Pokmaswas Hijau Daun, menurut Sutadi, diantaranya membawa daya tarik wisatawan untuk berkunjung melihat tanaman mangrove di pantai.

Inilah yang kemudian menjadi dasar Dinas Kelautan, Perikanan, dan Perternakan Kabupaten Gresik merekom Pokmaswas Hijau Dauh mengikuti lomba tingkat Provinsi Jawa Timur. “Kami siap mengikuti lomba, dan beradu karya dengan peserta lainnya,” kata ketua Pokmaswas Hijau Daun, Subhan. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean