Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Produksi Ikan Pindang Bawean Meningkat

Produksi Ikan Pindang Bawean Meningkat

Posted by Media Bawean on Senin, 26 September 2016



Pulau Bawean yang di kelilingi hamparan laut memiliki potensi perikanan yang luar biasa. Salahsatunya ikan pindang yang diproduksi warga Kampung Dedawang, Desa Telukjatidawang. Pada bulan-bulan ini, produksi ikan pindang dipastikan meningkat lantaran banyaknya jumlah stok ikan dari nelayan.

Hakam warga Dedawang menyatakan aktivitas pemindangan kembali ramai seiring musim ikan telah tiba. "Sekarang masih stabil harganya, ke depan bisa lebih murah bila hasil tangkapan nelayan tambah banyak," ujar dia.

Hal senada disampaikan Maniyah asal Pemegatan. Menurut dia, dirinya hanya bekerja membuat ikan pindang saat sedang musim ikan saja. Sebab, saat musim ikan produksi ikan pindang bisa mencapai puluhan ribu jarangan. “Kalau musim seperti ini biasanya produksinya meningkat tajam,” pungkasnya.

Sementara itu, Muzayyin warga Brondong Lamongan mengaku sudah berhari-hari berada di Pulau Bawean. Saat ini dirinya masih menunggu waktu untuk membeli ikan pindang untuk dibawa ke daratan Pulau Jawa. "Ikan pindang Bawean memang sangat enak sehingga laris dipasaran,” kata dia.

Dijelaskan, kalau membeli saat ini harganya masih cukup mahal. Sehingga, dirinya memilih menunggu cukup lama. “Sehubungan sekarang masih awal musim ikan, harganya masih tergolong mahal yaitu Rp. 6 ribu per jarangan (wadah ikan pindang)," katanya.

Jika musim ikan telah tiba, harga bisa turun sampai Rp 4 ribu. Sehingga, dirinya bisa meraup untung lumayan besar. "Sekali angkut ke Jawa bisa mencapai 2.000 jarangan," ujarnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean