Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pulau Bawean Jadi Obyek Penelitian

Pulau Bawean Jadi Obyek Penelitian

Posted by Media Bawean on Jumat, 24 Maret 2017


Para dosen peneliti yang tergabung dalam Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais IV wilayah pantura menggelar penelitian dan pengabdian di Pulau Bawean, selama 3 hari lamanya.

"Ada 21 perguruan tinggi dari Kabupaten Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro yang mengikuti kegiatan FKDP di Pulau Bawean,"kata Ali Asyhar Ketua STAIHA Hasan Jufri yang menjadi tuan rumah.

Dalam sambutannya Ali Asyhar menyampaikan beberapa keunikan tentang Pulau Bawean, secara administratif mengikuti Kabupaten Gresik, secara bahasa dominan versi Madura dan adat istiadat seperti melayu. "Adapun dahulunya bahasa jawa, tapi akhirnya cuma desa Diponggo yang punya kemiripan dengan bahasa jawa,"paparnya.

Lebih lanjut Ali Asyhar menyebutkan di Pulau Bawean banyak situs peninggalan sejarah yang layak dijadikan penelitian oleh para dosen. Selain itu, juga masuknya agama Islam juga berawal dari Pulau Bawean.

Dr. H. Muhsinin, M.Si ketua FKDP Kopertais IV menyatakan kegiatan ini sebenarnya bertempat di Kabupaten Bojonegoro, tapi seluruh pesertanya meminta agar diletakkan di Pulau Bawean. "Setelah usulan ini diterima ternyata menuju Bawean penuh lika liku, termasuk penundaan sehubungan Kapal Gili Iyang tidak berangkat,"ungkapnya.

"Banyak hal yang bisa digali selama di Pulau Bawean, apalagi saat ini pusatnya orang pinter sudah pindah ke daerah pelosok. Dibuktikan mahasiswa yang memperoleh predikat cumlaude berasal dari desa,"pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean