Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kawal Kasus Illegal Logging di Pulau Bawean, Diduga Banyak Tokoh yang Terlibat

Kawal Kasus Illegal Logging di Pulau Bawean, Diduga Banyak Tokoh yang Terlibat

Posted by Media Bawean on Jumat, 27 Juli 2018


Kasus illegal logging di kawasan hutan milik negara dalam pengawasan Balai Konservasi Sumber Saya Alam (BKSDA) kembali terjadi di Pulau Bawean Kabupaten Gresik.

Informasi yang dihimpun Media Bawean, kegiatan illegal logging dengan pembalakan liar dengan jenis kayu sonokeling sudah dilakukan sebanyak 2 kali. Aktivitas pertama dilakukan pada bulan puasa kemarin dengan rincian sebanyak 30 batang pohon sonokeling yang diangkut via jalur laut di pantai Labuhan desa Tanjungori. Ironisnya kayu jenis super yang lebih baik dari kayu jati ini ternyata lolos sampai di daratan Pulau Jawa.

Berhasil lolos yang pertama, dilanjutkan dengan pembalakan kedua dengan pelaku yang berbeda dengan pertama. Diduga kuat, pelaku utama melibatkan banyak tokoh di Pulau Bawean.

Pemabalakan kedua telah merobohkan sebanyak kurang lebih 39 batang pohon jenis sonokeling. Ketika aktivitas pengangkutan berlangsung di lokasi langsung didatangi oleh pegawai RKW BKSDA Bawean dengan memberikan tanda silang pada batang kayu. Ironisnya aktivitas tetap berlangsung tanpa mengindahkan adanya pihak petugas yang datang.

Kemudian dari lokasi diangkut menuju Pelabuhan Bawean yang rencananya akan diangkut ke Pelabuhan Paciran di Lamongan. Selanjutnya petugas BKSDA Bawean mengamankan truk bersama isinya kayu hasil penebangan liar di kawasan Payung-payung.

Nur Syamsi Kepala RKW BKSDA Bawean membenarkan telah mengamankan kayu jenis sonorkeling yang ditebang di kawasannya. Ditanya siapa pelaku pembalakan liar, Nur Syamsi menjawab belum mengetahui pelakunya. "Ini temuan saja,"katanya.

Tidak mengetahui sehubungan Nur Syamsi masih mengikuti kegiatan di Surabaya. "Soal adanya kasus ini sudah ditangani langsung oleh BKSDA Provinsi Jawa Timur,"tegasnya. (bst)


SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean