Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Wounderful Sail to Indonesia, ajang Promosi Wisata Pulau Bawean

Wounderful Sail to Indonesia, ajang Promosi Wisata Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Jumat, 04 Oktober 2019


Puluhan kapal pesiar bakal mengikuti Wonderful Sail to Indonesia 2019. Event kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman ini akan berlangsung selama empat hari, 3-6 Oktober. Seperti tahun sebelumnya, seluruh kegiatan dipusatkan di Pulau Bawean.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Gresik (Disparbud) kab Gresik, Agustin H. Sinaga, AP. M.Si menyatakan, Wonderful Sail to Indonesia 2019 digelar untuk menunjukkan destinasi pariwisata yang dimiliki Pulau Bawean. Sehingga, pulau yang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur ini bisa dikenal banyak orang. Terlebih wisatawan mancanegara.

“Berdasarkan data yang masuk di Disparbud kab Gresik, ada 30 kapal pesiar dari sejumah negara yang akan mengikuti Wonderful Sail to Indonesia 2019. Ini tentu kabar yang mengembirakan sekaligus menjadi angin segar bagi sektor pariwisata kita ke depan,” ujarnya, Kamis 3 Oktober 2019.

Menurut Sinaga, event itu telah menjadikan Gresik sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia. Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bawean. Baik wisatawan nusantara maupun turis,wisatawan mancanegara.

“Banyak destinasi yang bisa dinikmati oleh wisatawan di tempat ini. Selain pantai dengan bentangan pasir putih yang bersih, ada pula Pulau Noko, Pulau Cena, Danau Kastoba, Penangkaran Rusa, Pemandian Air Hangat,Pantai Mombhoul dan lain-lain. Semua layak dikunjungi," ungkapnya.

Lebih jauh Sinaga mengatakan, Wonderful Sail to Indonesia 2019 dibuka bersamaan dengan peringatan Hari Besar Bawean ke-418 tahun. Adapun kegiatannya meliputi sholawatan dan haul Syekh Umar Mas’ud, yang dilanjut dengan kegiatan pramuka. Hari berikutnya, Jumat (4/10/2019), barulah digelar acara Welcome Ceremony Sail to Indonesia 2019.

“Nantinya akan ada Parade Seni Budaya, Festival Pulau Cena, Pesta Rakyat, Gala Dinner, Parade Band, dan Tarung Pendekar Bawean se-nusantara yg digelar di pantai Mombhoul pada tanggal 5 Oktober2019 .Yang pasti, acara bakal seru banget dan sayang dilewatkan,” tandasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Wonderful Sail to Indonesia 2019 menjadi moment tepat untuk mempromosikan budaya dan kekayaan alam bagi warga luar Bawean. Khususnya masyarakat Internasional yang turut hadir pada event ini.

“Dari segi ekonomi, masyarakat Bawean juga akan diuntungkan dengan adanya transaksi jual beli antara pengunjung dan warga lokal. Mulai dari kebutuhan dasar, sarana transportasi, souvenir, dan oleh-oleh khas Bawean. Pemerintah daerah harus bisa memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki,” tegasnya.

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean