Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kapal Terbakar dan Tenggelam di Laut Bawean, 4 ABK Berhasil Ditolong Nelayan Kumalasa

Kapal Terbakar dan Tenggelam di Laut Bawean, 4 ABK Berhasil Ditolong Nelayan Kumalasa

Posted by Media Bawean on Sabtu, 22 Februari 2020


Kapal Layar Motor (KLM) Karya Abadi terbakar dan tenggelam diperairan laut Pulau Bawean Gresik Jawa Timur, hari jum'at (20/2). 4 ABK selamat berkat pertolongan nelayan Pulau Bawean.

Kapal bermuatan kelapa, kepiting dan udang berlayar dari Pelabuhan Kuala Pembuang Kalimantan Tengah hari kamis (20/2) dengan tujuan Sedayu Lawas Lamongan.

KLM ketika mendekati perairan laut Pulau Bawean yang jaraknya sekitar 10 mil dari dari bibir pantai, kapal yang dinahkodai Alman asal Kalimantan Tengah mengalami gangguan atau konsleting di ruang mesin.

Setelahnya Sugianto sebagai juru mudi melakukan pengecekan ke dek belakang, sebelum sampai di dek bawah melihat KKM bernama Kustas berlari keluar, dan saat itu dikejar kobaran api yang sudah membesar. Kebakaran mengakibatkan beberapa ruang di bawah mengalami kebakaran hebat.

Mengetahui kapal terbakar, akhirnya nahkoda bersama ABK kapal lainya melakukan pemadaman dengan menyemprotkan alat pemadam kebakaran ternyata api sudah terlalu besar, sehingga tidak bisa padam oleh alat pemadam tersebut.

Nahkoda dan 3 ABK kapal berkoordinasi bahwasanya kapal sudah tidak bisa diselamatkan karena api sudah semakin tambah membesar. Selanjutnya Nahkoda dan 3 ABK kapal menggunakan Pelampung/Rakit yang ada di atas kapal, kemudian terapung di laut Pulau Bawean.

Waktu pagi ketika nelayan Bawean pergi melaut mencari ikan menjumpai 4 orang menggunakan pelampung/Rakit, sehingga nelayan tersebut mendatangi dan memastikan selanjutnya memberikan pertolongan terhadap 4 orang tersebut. Sehingga nelayan tersebut tidak jadi melaut mencari ikan dan nelayan tersebut membawa 4 orang tersebut ke pinggir pantai. Sekarang 4 ABK diberi tempat rumah di Tajung Kima dalam Kondisi Sehat.

Bripka Sodiq Susanto Pol Airud Pos Pol Bawean membenarkan peristiwa kebakaran KLM Karya Abadi sehingga tenggelam di perairan laut yang jaraknya 10 mil dari Pulau Bawean. "Nahdkoda bersama ABK berjumlah 4 orang berhasil diselamatkan oleh nelayan Bawean,"katanya.

Menurutnya, 4 ABK direncanakan besok hari minggu (23/2) dilayarkan ke Gresik untuk pemeriksaan di Pol Air. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean