Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Tersedia di Pulau Bawean, Masyarakat Tak Perlu Repot Lagi Cetak KTP ke Daratan Jawa

Tersedia di Pulau Bawean, Masyarakat Tak Perlu Repot Lagi Cetak KTP ke Daratan Jawa

Posted by Media Bawean on Sabtu, 02 Oktober 2021


Pelayanan baru berupa pengurusan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) kini telah bisa langsung dirasakan oleh warga Pulau Bawean. Hal ini tak lain lantaran kini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gresik, untuk warga pulau Bawean sudah membuka layanan administrasi kependudukan (Adminduk).

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, selama bertahun-tahun warga Bawean selalu kesulitan lantaran pengurusan Adminduk harus dilakukan di kota Gresik. Tentu saja hal ini mengharuskan warga Bawean harus menyebrang terlebih dahulu.

Khusaini selaku Kepala Dispendukcapil Gresik menuturkan bahwa warga Bawean sudah bisa mengurus layanan administrasi kependudukan di dua kecamatan yaitu Kecamatan Tambak dan Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean Kabupaten Gresik. Seperti mengurus Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, akte kematian, rekam Kartu Tanda Penduduk (KTP), cetak KTP dan surat pindah sudah bisa di proses di dua kecamatan tersebut.

Saat dihubungi, Khusaini mengatakan bahwa, “Sudah bisa dilakukan di dua Kecamatan Tambak dan Kecamatan Sangkapura. Kami sudah ada komitmen tentang perbaikan layanan disasa, sesuai petunjuk Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah,”

Kemudian ia juga melanjutkan bahwa terobosan ini tak lain guna memudahkan warga setempat dimana pelaksanaanya mulai dari tanggal 24 September 2021. Karena selama ini mereka harus ke daratan dan bahkan menaiki kapal cepat selama tiga jam agar bisa mendapatkan layanan.

Mulai dari pemasangan peralatan alat rekam hingga cetak elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) sudah tersedia di tempat yang sudah disebutkan tadi. Selanjutnya untuk memastikan agar lancar dalam proses pelayanan adminduk sudah disiapkan komputer dan petugas yang standby dalam pelayanan.

“Sudah pada hari Jumat kemarin, saya ada disana untuk pasang peralatan dan uji coba. Alhamdulillah lancar semuanya,”ucapnya.

Namun sayangnya ternyata masih ada beberapa kendala teknis seperti pelayanan yang terganggu lantaran akses internet yang masih lambat. Tentunya hal ini masih akan dibahas dalam jadwal evaluasi mendatang.

Sedangkan untuk warga Disabilitas, ODGJ dan sedang sakit, Dispendukcapil menghadirkan layanan door to door dengan menyiagakan petugas agar bisa ke rumah. Berharap agar layanan yang ada di kepulauan ini dimanfaatkan maksimal.

Dalam akhir pernyataan, Khusaini mengatakan bahwa, “Uji coba kemarin lancar dan lima menit sudah bisa cetak. Sedangkan cepat lambat cetak KTP tergantung hasil verifikasi atau penunggalan data dari pusat. Datanya clear langsung bisa cetak,”ungkapnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean