Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Makam Sunan Bonang di Pulau Bawean atau Tuban?

Makam Sunan Bonang di Pulau Bawean atau Tuban?

Posted by Media Bawean on Jumat, 08 April 2022


Suatu ketika Sunan Bonang tengah berdakwah di Bawean hingga mendadak sakit dan akhirnya wafat pada 1525. Dikutip dari buku "Sunan Bonang Wali Keramat : Karomah, Kesaktian, dan Ajaran-ajaran Hidup Sangat Waliullah" tulisan Asti Musman, para muridnya menghendaki agar Sunan Bonang dimakamkan di Pulau Bawean Kabupaten Gresik.

Tetapi hal itu tak disetujui oleh beberapa muridnya yang berasal dari Tuban. Murid-murid Sunan Bonang dari Tuban kemudian datang ke Pulau Bawean. Setibanya di Pulau Bawean para murid Sunan Bonang asal Tuban ini menjumpai jenazah Sunan Bonang sudah diletakkan di tengah ruangan dengan ditunggui banyak santri.

Konon saat itulah para murid Sunan Bonang asal Tuban ini segera menidurkan para santri Pulau Bawean dengan cara disirep. Usai seluruh muridnya tertidur, maka jenazah Sunan Bonang dibawa ke Tuban dan dimakamkan di dekat masjid agung.

Tetapi anehnya pada pagi harinya jenazah Sunan Bonang ini konon masih ada di Pulau Bawean dengan kondisi kain kafannya tinggal satu. Demikian pula jenazah yang dibawa ke Tuban kain kafannya pun hanya menyisakan satu.

Alhasil Sunan Bonang pun dimakamkan segera dimakamkan di Pulau Bawean, demikian pula yang ada di Tuban, upacara pemakaman pun juga dilakukan bersamaan. Jadi makam Sunan Bonang dapat disimpulkan ada di dua tempat yakni Masjid Agung Tuban dan di Kampung Tegal Gubug, Bawean. (Sumber okezone)


SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean