Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kades Pudakit Barat Membenarkan Makam Sunan Bonang ada Diwilayahnya

Kades Pudakit Barat Membenarkan Makam Sunan Bonang ada Diwilayahnya

Posted by Media Bawean on Rabu, 09 November 2022

Makam Sunan Bonang di desa Pudakit Barat kecamatan Sangkapura Gresik Jawa Timur jadi viral di media sosial telah Buya Arrazy menyatakan bahwa makam yang asli di Pulau Bawean.

Tobron, ST. Kepala Desa Pudakit Barat membenarkan makam Jujuk Tampo yang ada diwilayahnya adalah makam asli Sunan Bonang. "Saya bersama seluruh warga menyakini itu adalah makam Sunan Bonang,"tegasnya.

Kades mengaku sejak dari kecil sudah mengetahui bila makam itu adalah Sunan Bonang. "Adapun ada yang pihak lain menyatakan ada juga makam Sunan Bonang ditempat lain ya dipersilahkan saja,"paparnya.

Perlu diketahui, di makam jujuk tampo yang dikenal Sunan Bonang juga ada juru kuncinya. "Sampai sekarang sudah ke 7 turunan yang menjaganya sebagai juru kunci,"ungkapnya.

Memang untuk peninggalannya, menurut Tobron masih belum ada yang menguatkannya. "Waktu saya masih kecil, ada warga desa Suwari yang selalu membawa wadah peralatan makan yang dipercaya sebagai peninggalannya. Tapi sekarang saya sendiri tidak mengetahui keberadaannya,"katanya.

Sebagai tradisi, warga desa Pudakit Barat setiap tahun menggelar do"a bersama saat menjelang cocok tanam ke sawah. "Tradisi ini sempat hilang sekitar 15 tahun, tapi sejak saya jadi kades akhirnya tradisi ini diadakan kembali,"ujarnya.

Langkah lebih lanjut, Kades mengatakan sudah membentuk perkumpulan untuk menangani makam Sunan Bonang yang ada di desanya. "Direncanakan kedepan akan dibangun infrastruktur jalan menuju makam, agar bisa roda empat atau mobil masuk ke area makam. Sementara ini jalan cuma bisa dilewati dengan menggunakan sepeda motor saja,"pungkasnya. (bst)




SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean