Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Arus Mudik Antiklimaks

Arus Mudik Antiklimaks

Posted by Media Bawean on Selasa, 30 September 2008

Selasa, 30 September 2008

Sumber : Jawa Pos
Sepi Penumpang, KM Dharma Kartika Urung Berangkat

GRESIK - Arus mudik Lebaran kemarin (29/9) memasuki H-2. Namun, penumpang kapal penyeberangan Gresik-Bawean cenderung antiklimaks. Dibandingkan H-3, kemarin (29/9) kapal motor (KM) Ekspres Bahari (EB) 8B hanya mengangkut 336 penumpang. Padahal, kapasitas tempat duduknya 344. Itu berarti ada delapan kursi yang lowong.

Kondisi lebih mengenaskan dialami KM Dharma Kartika. Kapal motor berkapasitas tempat duduk 199 kursi tersebut kemarin (29/9) hanya diisi sekitar 30-40 penumpang. Karena jumlah penumpang tidak memenuhi kuota minimal, yakni 50-60 penumpang, kapal itu urung mengarungi lautan sejauh 80 mil menuju Pulau Bawean. "Mungkin besok (hari ini, Red). Kapal akan berangkat kalau jumlah penumpangnya cukup," kata Plh Administratur Pelabuhan Gresik Pudiasto Nugroho.

Padahal, pada H-3 Minggu lalu, kapal milik Dharma Lautan tersebut bisa mengangkut 250 penumpang. Berdasar pantauan Jawa Pos, penumpang kapal di Pelabuhan Gresik terlihat sepi. Namun, aktivitas muat barang bawaan masih terlihat sibuk. Misalnya, sejumlah pekerja di Pelabuhan Gresik tampak menaikkan sejumlah motor ke dalam KM Dharma Kartika.

Pudiasto menambahkan, penyeberangan Gresik-Bawean akan libur selama dua hari, yakni pada Lebaran dan H+1. "Sebab, biasanya penumpang sepi pada hari itu sehingga penyeberangan libur," tuturnya di sela-sela memantau arus mudik di Pelabuhan Gresik kemarin. (yad/ib)

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean