Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Caleg Bawean Belum Peduli Potensi Daerah

Caleg Bawean Belum Peduli Potensi Daerah

Posted by Media Bawean on Minggu, 25 Januari 2009

Media Bawean, 25 Januari 2009

Sumber : Kabar Pemilu
Gresik, Jawa Timur, - Ketua LSM Gerbang Bawean (Gerakan Rakyat Membangun Bawean) Gresik, Abdul Basid Karim, mengatakan, Parpol peserta Pemilu 2009 di pulau Bawean belum ada yang mempunyai konsep mengembangkan wisata di pulau Bawean.

Padahal parpol mempunyai peran strategis dalam mengembangkan potensi keindahan alam yang dimiliki Bawean sebagai tempat tujuan wisata.

"Parpol masih terjebak pada isu - isu yang mementingkan politik partainya, mereka belum ada yang memikirkan bagaimana konsepnya ingin mengembangkan potensi wisata di Bawean, misalnya mereka mengadakan kontrak dengan masyarakat terkait pengembangan wisata Bawean agar layak jual dan diminati oleh daerah lain," ujar Abdul Basid Karim dihubungi, Senin (05/01).

Menurut Basid Parpol melalui caleg-caleg di Bawean belum ada yang memikirkan pengembangan wisata Bawean, hal ini dikhawatirkan Basid jika mereka menjadi anggota dewan kelak tidak bisa memperjuangkan aspirasi di bidang pariwisata karena mereka belum memiliki kepedulian dalam pengembangan wisata Bawean.

"Pulau ini yang terdiri dari dua Kecamatan Sangkapura dan Tambak, kekayaan alamnya melimpah, tapi kurang dikelola secara profesional, kedepan kami minta caleg-caleg bisa memperjuangkan potensi yang dimiliki Bawean itu," lanjutnya.

Dicontohkan Basid, konsep pengembangan wisata di pulau Bawean misalnya, selain menyiapkan sarana dan prasarana infrastruktur tentang pengelolaan wisata Bawean, ini penting dilakukan guna menarik investor menanamkan modalnya di Bawean. Potensi wisata yang dimaksud Gerbang Bawean diantaranya adalah Danau Kastoba, Pantai Selayar, hamparan pasir putih di Pantai Ria, sumber air panas, serta air terjun yang memiliki daya pikat tersendiri.

"Potensi wisata itu kurang terkelola dengan baik, sehingga parpol setidaknya memikirkan bagaimana bisa mengembangkan potensi keindahan alam itu dijadikan tujuan wisata yang tidak kalah menarik dengan wisata di Bali, ataupun Parangtritis Yogyakarta," lanjutnya.

Selain itu, tambah Basid, masih ada lagi potensi wisata yang perlu dikembangkan yaitu keberadaan rusa Bawean di Desa Tampo, Kecamatan Sangkapura, yang juga layak sebagai tujuan riset dan studi.

"Wisata pulau Bawean tidak bisa berkembang selain kendalanya masalah SDM masyarakat pulau Bawean masih minim, juga pelaku pengambil kebijakan yang salah satunya adalah parpol tidak mempunyai kesadaran untuk bersama mengembangkan wisata tersebut, karena itu kami meminta parpol terutama calegnya bisa mengusung tema pengembangan wisata Bawean dalam kampanye 2009," jelasnya. 1/yan/kp004

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean