Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pengaruh PLN Sering Padam, Banyak Setan Bergentayangan

Pengaruh PLN Sering Padam, Banyak Setan Bergentayangan

Posted by Media Bawean on Jumat, 02 Januari 2009

Media Bawean, 2 Januari 2009

Sejak awal PLN masuk ke desa-desa di Sangkapura dan Tambak dengan menyala 24 jam, sepertinya cerita tentang setan yang bergentayangan tidak pernah jadi topik hangat pembicaraan warga di Pulau Bawean. Tetapi saat PLN sering padam dan menyalanya bergiliran selama 2 hari sekali atau 4 hari sekali, topik ketakutan dengan setan jadi hangat kembali.

Menurut sebagian warga mengatakan, "Setan takut bila listrik menyala terang benderang, tetapi disaat gelap setan keluar semua mencari orang yang akan ditakut-takuti," katanya.

Bila dinalar secara logika, cerita diatas bisa dipercaya atau tidaknya tergantung kepada pembaca yang bisa menafsirkannya. Cerita setan, bila ada yang meninggal dunia selalu terdengar disaat pagi bangun dari tidur. Setelah kumpul-kumpul di durung, warga akan cerita tentang penemuannya semalam dengan setan.

Yang jelas, saat PLN menyala 24 jam di Pulau Bawean, cerita ketakutan warga dengan setan sangat berkurang. Maka sebagian warga Bawean yang selalu ketakutan dengan setan, mengharap agar PLN di Pulau Bawean bisa menyala kembali 24 jam, untuk menghilangkan rasa ketakutan yang setiap saat selalu terlintas dibenaknya, khususnya disaat ada orang yang meninggal dunia. (bst)

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean