Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Sumber Mata Air Panas Di Bawean,
Potensi Obyek Wisata Alam Unggulan

Sumber Mata Air Panas Di Bawean,
Potensi Obyek Wisata Alam Unggulan

Posted by Media Bawean on Minggu, 18 Agustus 2013

Media Bawean, 12 Juni 2013 

JUARA II

Lomba Menulis Opini dan Artikel 
Ketegori Pelajar

Nama Penulis : Indaha Humaidah
Nama Sekolah : MA Hasan Jufri
Kelas : XI Program IPA
Alamat : Dusun Rabe - Desa Lebak

Potensi sumber daya alam yang dimiliki Kepulauan Bawean sudah menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Gresik untuk dikembangkan dan dikelola menjadi objek wisata unggulan, hanya tinggal menunggu waktu saja untuk resmi menjadi tatanan sektor wisata yang terpadu. Hamparan alam dengan berragam bentuk pemandangan alam yang eksotik dan estetik yang meliputi aneka ragam pantai, gunung, air terjun, danau, sumber air panas, hutan, flora-fauna dan lain sebagainya, memang layak untuk dipasarkan sebagai objek destinasi wisata alam. Secara alamiah potensi alam Bawean sudah seringkali dikunjungi sebagai tempat rekreasi baik dikalangan pelajar maupun masyarakat umum baik domistik maupun dari luar Pulau Bawean. Penulis yang berstatus sebagai pelajar ingin menuangkan pengalaman tertentu yang dianggap paling menarik dalam melakukan penelusuran di berbagai objek rekreasi yang ada di Kepulauan Bawean.

Penulis waktu kelas X pernah diberi tugas menulis karya ilmiah oleh guru biologi tentang “Potensi Pulau Bawean yang dapat dikelola dalam sudut pandang ilmu biologi”, waktu itu penulis tertarik dan merasa penasaran atas banyaknya pengunjung yang menikmati pemandian sumber air panas bumi yang ada di Dusun Kebundaya Desa Sawahmulya, saat pagi ataupun sore hari yang pada antri bergiliran untuk mandi. Orang berkunjung bukan karena menikmati panorama keindahan alam sumber mata air panas, akan tetapi karena sedang melakukan terapi kesehatan terhadap penyakit tertentu yang diderita. Karena itu, penulis mencoba urun pemikiran tentang potensi destinasi wisata alam yang menarik bagi remaja, yaitu berupa pemandian sumber mata air panas bumi yang ada di Pulau Bawean. Siapa tahu dengan tulisan ini, Pemerintah maupun investor ada yang tertarik untuk mengembangkan potensi sumber air panas bumi yang ada di Pulau Bawean. Berikut gambaran keberadaan sumber mata air panas bumi yang ada di Pulau Bawean :

1. Sumber Air Panas Kebundaya
Sumber Mata Air Panas Kebundaya terletak di Dusun Kebundaya Desa Sawahmulya Kecamatan Sangkapura, dari Pelabuhan Sangkapura berjarak 2 kilometer, kawasan ini terdapat beberapa sumber air panas, tiga diantaranya telah dikelola masyarakat setempat sehingga bisa digunakan untuk mandi dan berendam. Sedangkan lainnya masih alami. Sumber air panas alami ini berada di area batuan kapur dan onix sehingga memberikan suguhan panorama yang khas. Lokasinya yang berada di pusat Sangkapura dan mudah dijangkau kendaraan, membuat obyek sumber air panas ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya.

2. Sumber Air Panas Taubat
Sumber Mata Air Panas Taubat terletak di kawasan Dusun Taubat Desa Sungairujing Kecamatan Sangkapura, berjarak sekitar 5 kilometer dari Pelabuhan Sangkapura, Sumber mata airnya tergolong sangat besar, sehingga pemanfaatannya selain digunakan untuk kebutuhan air rumah tangga sehari-hari masyarakat setempat (disalurkan ke rumah-rumah), juga digunakan sebagai sumber air irigasi pertanian sawah di kawasan tersebut. Hingga kini sumber air panas taubat ini jarang dikunjungi karena belum dikelola.

3. Air Panas Kepuhlegundi
Sumber mata air panas kepuhlegundi ini berlokasi di Desa Kepuhlegundi Kecamatan Tambak, berjarak sekitar 16 kilometer dari pelabuhan Sangkapura. Obyek sumber air panas ini sudah dikelola masyrakat setempat sebagai tempat pemandian, termasuk ramai dikunjungi karena lokasinya mudah dijangkau kendaraan.

Potensi air panas bumi yang ada di Pulau Bawean seringkali dikunjungi secara alamiah oleh masyarakat, karena dijadikan pemandian terapi kesehatan, sehingga kunjungan ini seringkali juga dikenal sebagai istilah natural hot spring. Warga datang berkunjung ke tempat ini tentu saja untuk menikmati sumber mata air panas bumi untuk mandi atau berendam menghangatkan badan. Dengan berendam tentu saja dapat memperoleh beberapa manfaat, salah satu manfaat tersebut yang sangat dipercayai masyarakat Bawean adalah badan menjadi segar kembali dan rasa penat menjadi hilang, selain itu diduga sumber air panas alami mampu membuka pori-pori kulit sehingga kotoran akan terlepas. Sumber mata air panas alami umumnya juga diduga mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk menghilangkan mikroorganisme penyebab berbagai penyakit kulit. Menurut penjelasan ibu Fitriah, S.P dari hasil analisa yang pernah meneliti kandungan kimia air panas bumi sewaktu menempuh mata kuliah kimia dasar di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dikemukakan bahwa sumber air panas bumi mengandung Calsium, Magnesium, Chloride, Sulfat, Thermo dan Mineral, serta Hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi yaitu 38,5 equiv persen, dan keasamannya juga sangat tinggi (dengan indeks PH : 2,45). Sementara suhu air panasnya yang berasal dari mata air sekitar 430C – 560 C, sedangkan yang berada dalam kolam kadar temperaturnya mencapai 370C – 450 C. 

Proses Terjadinya Sumber Air Panas

Bagaimana proses terjadinya sumber mata air panas bumi?. Masih dalam pendapat Ibu Fitriah, S.P selaku guru kimia di MA Hasan Jufri, memaparkan bahwa di bawah kulit bumi ada lapisan yang berupa lelehan batuan dan lumpur panas yang di sebut magma. Semakin jauh ke dalam perut bumi, semakin panas suhunya. Di kedalaman 1 kilometer, suhu batu-batuan dan lumpur bisa mencapai 570C - 6000C, di kedalaman 2 kilometer suhunya bisa lebih dari 12000C. Terkadang pada kulit bumi ada kantung air yang dekat dengan magma panas. Air tidak menguap karena tidak bersinggungan dengan udara. Bila ada celah atau retakan yang bisa dilalui, air panas tadi akan keluar ke permukaan bumi dan menjadi mata air panas. Atau bisa juga terjadi pada kawasan batu kapur, potensi kantung air dalam kulit bumi keluar lewat celah-celah batuan kapur, kemudian terjadi reaksi kimia pada batuan kapur tersebut sehingga mengeluarkan hawa panas yang terbawa air dan terbentuklah sumber mata air panas. Kemungkinan yang terjadi di Pulau Bawean, sumber mata air panas yang ada di Pulau Bawean mungkin berasal dari hasil aktivitas vulkanik yang ada di perut bumi, dan tercampur dengan reaksi kimia batuan kapur sehingga kandungan sulfur dan belerangnya begitu tinggi.

Alasan Mengapa Sumber Air Panas Di Pulau Bawean Perlu Dikembangkan !

Pemandian sumber air panas bumi yang ada di Pulau Bawean akan selalu dikunjungi oleh banyak orang, karena telah diklaim dengan mandi atau meredam di sumber mata air panas, maka mampu menyembuhkan berbagai penyakit, telah dijadikan terapi alternatif untuk kesehatan tubuh secara alami, sehingga perlu untuk dikembangkan dan dikelola menjadi salah satu tujuan obyek wisata di Pulau Bawean. 

Hasil survei dari penuturan para pengguna, yang penulis pernah wawancarai di pemandian sumber mata air panas di Kebundaya, dapat disimpulkan bahwa manfaat dari mandi atau meredam di pemandian sumber mata air panas bumi sebagai berikut :

1. Dapat membantu kulit untuk melawan dan menghancurkan bakteri atau jamur yang menyebabkan kulit rusak dan gatal-gatal,

2. Dapat membantu elastisitas kulit atau dapat berfungsi sebagai obat untuk pencegah keriput, karena mampu menghilangkan kulit mati dan minyak berlebih.

3. Dapat menurunkan tingkat kadar gula darah bagi penderita diabetes melitus,

4. Dapat memperbaiki kesehatan jantung,

5. Dapat mengeluarkan racun. Air panas bumi alami dapat membuka pori-pori sehingga membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh,

6. Dapat memelihara kesegaran sendi-sendi dan otot, dan sangat efektif menghilangkan rematik,

7. Dapat menjaga usus besar bekerja dengan baik,

8. Dapat membantu menyembuhkan dari selesma, batuk dan sakit kepala. Uap panas yang berasal dari sumber air panas bumi saat terhirup mampu menghilangkan phlegm (hingus/dahak) yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan.

9. Dapat membantu memulihkan kembali kebugaran tubuh yang mengalami kelelahan, dan membantu menghilangkan rasa stress yang melanda pikiran.

10. Dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah,

11. Dapat melancarkan sisterm peredaran darah, dan salah satunya adalah peredaran darah yang menuju ke otak sehingga tidak akan mudah terserang migrain.

12. Sulfur yang dikandung sumber air panas bumi juga memiliki kadar keratin protein cukup tinggi, yang bertanggung jawab untuk memperkuat tulang, kuku dan rambut.

Menurut pandangan para guru MA Hasan Jufri yang pernah kuliah di berbagai kota di Jawa (seperti: Malang, Surabaya, Jember, Solo, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta) dan punya pengalaman pernah wisata ke tempat-tempat pemandian air panas bumi yang ada di beberapa tempat di daratan Pulau Jawa, sumber air panas bumi yang ada di Pulau Bawean sangat potensial untuk dikelola baik, sumber mata airnya berkategori besar, suhu airnya cukup tinggi dan kandungan belerangnya bermanfaat bagi kesehatan, dan berada pada kawasan lereng gunung yang belum menjadi kawasan padat huni penduduk. Jika misal dikelola menjadi kolam renang, dengan memodifikasi sumber mata air panas bumi sebagai pancuran di kolam renang tersebut, kemudian kolam renang juga didesain berdasarkan kebutuhan, misal areal rendam dan renang untuk anak-anak dipisahkan dengan dewasa. Jelas akan menjadi kunjungan utama wisatawan pribumi, karena selain dapat melakukan terapi kesehatan, juga ada media untuk melakukan permainan santai dengan berendam dan berenang.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, pemandian sumber air panas bumi yang ada di Pulau Bawean memberikan keindahan tersendiri karena ada dekat lereng gunung dan hamparan sawah yang membentang luas sehingga akan menambah eksotik pemandangan alamnya yang dapat menyegarkan pikiran. Seharusnya Pemerintahan Desa yang mempunyai kawasan ada potensi sumber mata air panas bumi tersebut, sudah harus kreatif untuk mengembangkannya menjadi objek wisata yang mampu mendatangkan tambahan pendapatan ekonomi bagi desa dan masyarakat setempat, sudah harus berani melakukan terobosan, dan kerja sama dengan berbagai pihak untuk sama-sama membangun potensi tersebut agar menjadi objek yang bernilai guna. Semoga potensi sumber mata air panas bumi yang ada di Pulau Bawean segera dikelola menjadi pemandian umum berupa kolam renang dengan memanfaatkan sumber mata air panas bumi berupa modifikasi pancuran, sehingga akan semakin diminati banyak pengunjung.

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean