Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Kenakalan Remaja Kian Meningkat
Akibat Kurang Kontrol dari Orang Tua

Kenakalan Remaja Kian Meningkat
Akibat Kurang Kontrol dari Orang Tua

Posted by Media Bawean on Jumat, 09 Mei 2014

Media Bawean, 9 Mei 2014

Kenakalan anak muda semakin merajalela, aksi kejahatan kerap terjadi, seperti pencurian ataupun pesta minuman keras di Pulau Bawean. 

Berikut respon Kapolsek Sangkapura dan Kapolsek Tambak, di Pulau Bawean, Gresik dihubungi Media Bawean, (jum'at, 9/5/2014).

AKP. H. Zamzani, SH. Kapolsek Sangkapura menyatakan kenakalan anak muda atau dikenal kenakalan remaja di Pulau Bawean, disebabkan kurangnya kontrol orang tua.

Menurutnya kontrol orang tua sangatlah kurang, sehingga kecenderungan bergaul sesama anak yang nakal. "Setelah bersatu, mereka beraksi merencanakan untuk berbuat sesuatu yang melanggar hukum, seperti pesta miras ataupun melakukan aksi pencurian,"katanya.

Solusi antisipasi kenakalan remaja, menurut Kapolsek, butuh kontrol penuh dari orang tua kepada anaknya. "Jangan biarkan anak keluar rumah waktu malam hari, perlu perhatian khusus agar anak tidak keluyuran,"ujarnya.

Selain peran serta orang tua, termasuk lingkungan sekitarnya perlu mendukung untuk mengantisipasi kenakalan anak muda di Pulau Bawean.

Lebih parah lagi ungkapnya, bila anak diasuh oleh neneknya di rumah, sedangkan orang tuanya merantau ke luar negeri. "Butuh perhatian khusus, bukan sekedar dikirimin uang saja,"papar AKP. H. Zamzani, SH.

Hal senada disampaikan oleh AKP. Susantoro, SH. Kapolsek Tambak, menyatakan kenakalan anak muda disebabkan kurangnya kontrol orang tua. "Anak hanya disuguhi materi oleh orang tuanya yang merantau ke luar negeri, sedangkan hak asuh oleh keluarganya di rumah, seperti neneknya,"ungkapnya.

"Kontrol orang tua mutlak diperlukan untuk mendidik anak agar berbudi pekerti yang baik, termasuk peran serta masyarakat untuk terlibat langsung dalam mengantisipasi kenakalan anak muda di Pulau Bawean,"pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean