Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Tradisi Malam Takbiran di Tambak
Gelar Pawai diikuti Ribuan Warganya

Tradisi Malam Takbiran di Tambak
Gelar Pawai diikuti Ribuan Warganya

Posted by Media Bawean on Senin, 28 Juli 2014

Media Bawean, 28 Juli 2014


Menyambut hari raya idul fitri 1435 H. warga kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik menggelar pawai takbir keliling. (minggu malam senin, 28/7/2014).

Pawai takbir lebaran diikuti ribuan warga dari setiap dusun di desa Tambak, serta diikuti desa Pekalongan, dan desa Tanjungori. Setiap kampung mengeluarkan simbol kebesarannya dengan membuat kapal, ikan dan lain-lain.

Ramali, tokoh di desa Tambak ditemui Media Bawean mengatakan tradisi takbiran keliling termasuk budaya turun-temurun dari nenek moyang terdahulu. Adapun kemasan yang ditampilkan menurut mantan kepala desa Tambak, menyatakan menyesuiakan kondisi zaman sekarang.

"Memeriahkan malam hari raya merupakan tradisi masih tetap bertahan dan berkembang maju. Tujuannya menunjukkan kebesaran agama Islam, serta mempererat hubungan persaudaraan antar warga di kecamatan Tambak,"katanya.

"Mengikuti pawai takbir keliling memerlukan modal besar, masing-masing kampung mengeluarkan anggaran besar untuk membuat hiasan seperti ikan, kapal dan lainnya. Membuatnya membutuhkan waktu lumayan lama untuk dipertontonkan kepada masyarakat,"ujarnya.

Walaupun kondisi jalan sempit dengan menempuh rute satu jalur jalan lingkar Pulau Bawean, Ramali mengungkapkan kondisi aman tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. "Ini berkat kerjasama yang bagus pihak keamanan bersama seluruh peserta pawai takbir keliling,"jelasnya.

Abdul Basit, Kasi Kesra Kecamatan Tambak, menerangkan pawai takbir keliling diikuti hampir seluruh warganya di Tambak. "Setiap kampung mempunyai kreasi seni tersediri untuk membuat hiasan untuk dipertontonkan,"tuturnya.

"Ini tradisi yang sulit ditemukan di daerah lainnya, sepertinya hanya kecamatan Tambak di Kabupaten Gresik yang menggelar pawai takbir keliling dengan sangat meriah,"paparnya.

Pawai takbir keliling setiap kampung di kecamatan Tambak menempuh rute jalan lingkar di desa Tambak. Disaksikan ribuan warga yang memadati sepanjang jalan di Tambak. Terdengar lantunan kalimat takbir yang dikumandangkan ketika iring-iringan pawai berlangsung. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean