Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Tradisi Warga Desa Daun Baca Burdah, Mengusir Jin dan Setan Diawal Tahun

Tradisi Warga Desa Daun Baca Burdah, Mengusir Jin dan Setan Diawal Tahun

Posted by Media Bawean on Minggu, 26 Oktober 2014

Media Bawean, 26 Oktober 2014







Sudah menjadi tradisi warga desa Daun, kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik, saat menjelang pergantian tahun baru Islam menggelar baca burdah keliling kampung. Kegiatan dilaksanakan hari jum'at (24/10/2014), dilkasanakan setelah shalat ashar.

Warga terdiri dari kaum Bapak dan Ibu, serta anak-anak kompak mengikutinya yang dimulai dari masjid menuju ke jalan melewati rute-rute jalan kampung. Disepanjang jalan membaca burdah, sampai disetiap pojokan dikumandangkan adzan.

Dilengkapi sound system, terlihat antusia warga mengikuti kegiatan tahunan yang diselenggarakan menjelang malam pergantian tahun baru Islam.

H. Darnoji, warga desa Daun mengatakan kegiatan baca burdah dilaksanakan sekitar 6 tahun yang lalu. Tujuannya agar warga diselamatkan dari segala bahaya, khususnya dari mahkluq halus sebangsa jin dan setan.

"Manfaatnya sangat besar sekali, menjelang pergantian tahun diadakan pembacaan burdah keliling kampung,"katanya.

Abdul Aziz, Kepala Desa Daun menyatakan seluruh dusun mengadakan kegiatan baca burdah keliling kampung. "Tujuannya mengusir jin dan setan yang akan mengganggu warga,"paparnya.

"Kegiatan ini dilaksanakan sekitar 6 tahun lalu sampai sekarang masih tetap eksis dan kompak diadakan oleh seluruh warga di setiap dusun,"ujarnya.

Setelah pembacaan burdah selesai, menurut Kades Daun, selanjutnya warga berjamaah shalat maghrib di masjid yang dilanjutkan membaca do'a awal tahun. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean