Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Perlu Edukasi Ortu Terhadap Anak
Tentang Penggunaan HP yang Baik

Perlu Edukasi Ortu Terhadap Anak
Tentang Penggunaan HP yang Baik

Posted by Media Bawean on Rabu, 26 November 2014

Media Bawean, 26 November 2014

Hikmah Bafaqih, Ketua Pimpinan Wilayah Fatayat NU Jawa Timur ketika berkunjung ke Pulau Bawean, Gresik dikejutkan pemandangan banyaknya anak yang memegang handphone. "Menariknya handphone yang dipegang oleh anak Pulau Bawean tergolong bagus-bagus,"katanya.

"Mereka bisa berselancar membuka situs-situs internet secara bebas sesuai keinginannya tanpa adanya kontrol,"ujarnya.

Berangkat dari keperdulian terhadap generasi masa depan bangsa, menurutnya perlu adanya edukasi terhadap anak termasuk orang tua tentang penggunaan IT yang baik.

Sesuai hasil riset atau penelitian, menurut Hikmah Bafaqih memang kondisi daerah terluar bukan hanya di Pulau Bawean saja, dampak modernisasi tekhnologi informasi memiliki dampak besar bila tanpa diimbangi edukasi kepada penggunanya.

Edukasi yang bisa dilakukan orang tua? "Tentu orang mempunyai hak dan kewenangan penuh untuk membatasi anak-anaknya dalam penggunaan handphone. Misalnya menggunakan waktu tertentu ataupun membatasi nominal pulsa yang diisinya,"jawabnya.

Lainnya, orang tua bisa membatasi perangkat handphone yang bisa dipergunakan dengan pendekataan khusus melalui pembicaraan yang intensif bersama anaknya. "Edukasi paling baik dilakukan orang tua,"paparnya.

Selain peran orang tua, termasuk sekolah memiliki garda paling depan untuk memberikan edukasi kepada seluruh siswanya tentang penggunaan handphone yang baik tidak disalahkangunakan. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean