Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pulau Bawean Diterjang Banjir, Dapur Rumah Milik Warga Jebol

Pulau Bawean Diterjang Banjir, Dapur Rumah Milik Warga Jebol

Posted by Media Bawean on Sabtu, 13 Desember 2014

Media Bawean, 13 Desember 2014


Kedahsyatan banjir (kamis, 11/12/2014) yang melanda Pulau Bawean, Gresik telah memporak porandakan rumah milik warga di berbagai daerah di kecamatan Sangkapura dan Tambak.

Diantaranya ada banyak dinding rumah dan dapur milik warga yang jebol akibat diterjang banjir. Rumah Supri sang pelatih drum band di Barat Sungai, Kotakusuma, Sangkapura, jebol bagian dapurnya.

Ditemui Media Bawean ketika Camat Sangkapura, Abdul Adim berkunjung ke rumah warga, Supri mengatakan banjir yang terjadi setinggi 1 meter telah memporak porandakan bagian dinding dapurnya. "Banyak peralatan dapur yang hanyut terbawa air ketika banjir melanda,"katanya.

"Diluar dugaan, sebelumnya hanya beberapa senti meter saja ketinggian air, tapi sekarang luar biasa,"paparnya.

Ditanya kerugian yang ditanggungnya, Supri mengaku bingung sehubungan banyaknya barang-barang yang hilang terbawa air.

Kejadian yang sama terjadi di desa Daun, ada sekitar 4 rumah mengalami rusak parah akibat terjangan banjir. Abdul Aziz, Kepala Desa Daun menyatakan ada sekitar 53 rumah di Daun Timur yang kemasukan air setinggi 1 meter,"jelasnya.

"Akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan luapan air suang masuk ke rumah warga,"tuturnya.

Di Kepuhlegundi, menurut Sukron Makmun, banyak ternak milik warga yang dihanyut air, termasuk kandangnya juga ikut terhanyut akibat banjir.

Lebih parah lagi menurut Mastur, ada warga di Lebak yang rencananya Tambak Udang akan dipanen besok harinya. Tapi banjir telah membawa ikan bandeng dan udang di dalam Tambak telah hanyut terbawa air akibat dindingnya jebol termasuk luapan air.

Warga setempat langsung mencari ikan bendeng dan udang di pinggir laut sehubungan banyaknya isi Tambak yang terhanyut. Menurutnya kerugian yang ditaksir sangat banyak diderita oleh pemiliknya.

Pasca banjir di Pulau Bawean, terlihat kesibukan warga menjemur barang-barang  di dalam rumah, seperti kasur dan kursi. Terlihat di sepanjang jalan Pateken, banyak warganya melakukan aktivitas membersihkan rumah.  Juga terlihat di Barat Sungai dan Bengkosubung, terlihat warga sedang bersih-bersih rumah. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean