Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Warga Pulau Bawean Berharap
Setiap Tahun Koarmatim Gelar Baksos

Warga Pulau Bawean Berharap
Setiap Tahun Koarmatim Gelar Baksos

Posted by Media Bawean on Rabu, 17 Desember 2014

Media Bawean, 17 Desember 2014

Warga Pulau Bawean, Gresik, berharap setiap tahun Koarmatim menggelar program Bakti Sosial dan pengobatan gratis di wilayahnya. Hal itu disampaikan Mansur (40 tahun) salah satu warga Pulau Bawean, orang tua pasien pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh Koarmatim di RSUD Umar Mas’ud, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, Senin (15/12). Ungkapan senada juga disampaiakan Hatmin (35 tahun) keluarga pasien khitan yang mendapingi putranya Ahmad Naufal (4 tahun) menjalani khitanan gratis yang diselenggarakan Koarmatim.

Harapan mereka agar Koarmatim setiap tahun menggelar Baksos di kepulauan Bawean juga disampaiakan banyak keluarga pasien lainnya. Pengobatan gratis tersebut sangat membantu masyarakat mengingat RSUD Umar Mas'ud di Bawean belum dapat beroperasi karena baru saja diresmikan. Dengan demikian pengobatan gratis ini dapat meringankan beban warga yang akan berobat.

Dalam bhakti sosial tersebut, Koarmatim mengerahkan beberapa dokter sepesialis untuk mendukung program pelayanan kesehatan gratis di Pulau Bawean diantaranya yakni Mayor Laut (K) dr. Rudy Pandapotan Napitupulu Kasubdep Bedah RSAL. Dr Ramelan Surabaya. Saat itu dokter sepesialis bedah tersebut sedang melakukan operasi bedah minor terhadap Lawiyah (80 tahun) pasien penderita tumor daging tumbuh dibagian betis sebelah kiri. 

 Usai menjalani operasi bedah nenek Lawiyah merasa lega dan berterima kasih kepada tim dokter TNI AL dan paramedis yang telah mengobatinya. Pengobatan gratis dalam rangka rangkaian Hari Armada 2014 di Pulau Bawean ini, meliputi pelyanan kesehatan umum, gigi, THT, katarak, serta penyuluhan Keluarga Berencana (KB), yang didukung oleh tenaga medis dari Diskes Koarmatim, RSAL dr. Ramelan Surabaya, Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dan Puskesmas Sankapura, Puskesmas Tambak Pulau Bawean, serta BKKBN.

Pelayanan kesehatan gratis selama satu hari penuh mulai pukul 06.30 WIB sampai dengan 16.00 WIB berhasil menangani lebih dari 1500 pasien. Pencapaian tersebut melabihi target sebelumnya yaitu sebanyak 1471 pasien.

Selain pengobatan gratis juga dilaksanakan Penyuluhan bidang Maritim di SMA Negeri Sangkapura, Penyuluhan belanegara, Sosialisasi peran dan tugas TNI AL, Pemberdayaan daerah pesisir, Sosialisasi penerimaan personel TNI AL. Selanjutnya Penyuluhan bidang hukum di PPI (Pusat Pelelangan Ikan) Bawean, meliputi penyelundupan (Ilegal Entry), perdagangan manusia (Traficking) dan perikanan, serta Pemutaran film TNI AL di Alun-alun Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean.

TNI Angkatan Laut merupakan komponen utama pertahanan negara di laut yang salah satu tugasnya adalah melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah laut yang diarahkan untuk menggali dan memberdayakan potensi masyarakat maritim menjadi potensi pertahanan serta menciptakan kondisi yang kondusif guna mendukung rencana pembangunan nasional. Salah satu cara agar tugas tersebut dapat terwujud adalah dengan menyelenggarakan Bakti Sosial TNI AL yang merupakan operasi Bakti TNI AL dalam rangka pembinaan potensi maritim khususnya pembinaan desa pesisir untuk menyiapkan ruang, alat, kondisi juang dan pembinaan potensi maritim sebagai kekuatan pengganda pertahanan di laut.

Dalam rangka pembinaan potensi maritim, Komando Armada RI Kawasan Timur mengadakan Bakti Sosial di Pulau Bawean. Secara administratif, Pulau Bawean termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik. Pulau Bawean terletak di Laut jawa sekitar 120 km sebelah utara Gresik. Pulau Bawean memiliki dua kecamatan yaitu Sangkapura dan Tambak.

Bakti Sosial Komando Armada RI Kawasan Timur di Pulau Bawean merupakan wujud kemanunggalan TNI AL dengan rakyat serta wujud kepedulian TNI AL terhadap masyarakat. Dengan dilaksanakan kegiatan Bakti Sosial di Pulau Bawean dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat lokal, khususnya masyarakat yang berada di Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean. (Budi R)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean