Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Kepala Sekolah Perlu Diaudit
Terkait Pengelolaan Keuangan Sekolah

Kepala Sekolah Perlu Diaudit
Terkait Pengelolaan Keuangan Sekolah

Posted by Media Bawean on Jumat, 30 Januari 2015

Media Bawean, 30 Januari 2015

Kepala Sekolah di Pulau Bawean, Gresik sudah saatnya diaudit terkait keuangan yang dikelolahnya, sehubungan banyaknya kecurigaan memperkaya diri sendiri.

Beberapa guru ditemui Media Bawean mengatakan keuangan sekolah kecenderungan dikelolah secara pribadi oleh kepala sekolah tanpa ada laporan keuangan yang transparan kepada guru, komite sekolah ataupun wali murid. Hanya sebatas laporan keuangan keatas sebagai bentuk pertanggungjawaban yang mudah dimanipulasi.

Kepala Sekolah mengelolah keuangan secara pribadi tidak terbuka, sehubungan guru ataupun komite sekolah tidak punya keberanian ataupun nyali untuk membongkar kedoknya. Sementara dibelakangnya ramai menjadi buah bibir bahwa kepala sekolah memperkaya diri sendiri.

Menurut salah satu guru kepada Media Bawean, kepala sekolah seenaknya sendiri mengatur keuangan sekolah, tanpa transpransi ataupun laporan yang jelas terkait sumber dana yang diterimanya dari BOS, BSM ataupun proyek lainnya, memperoleh nominal berapa ataupun pengeluarannya juga kurang jelas.

"Perlu adanya laporan keuangan untuk transparansi, keuangan yang diperoleh sekolah nominalnya berapa dan dikeluarkan berapa, bila perlu diumumkan secara terbuka di sekolah untuk pembelajaran tranparansi kepada siswa,"katanya.

"Sepertinya kepala sekolah ketakutan untuk memberikan laporan keuangan secara transparan kepada guru termasuk komite sekolah, ada apa ini?,"ujarnya.

Informasi yang diterima Media Bawean, ada beberapa kepala sekolah di Pulau Bawean sudah terbongkar kedoknya setelah dilakukan audit ataupun dimintai laporan keuangan oleh pengurus ataupun yayasan.

Haruskah kepala sekolah yang memperkaya diri sendiri ataupun tidak transparan dipertahankan? Sudah saatnya kepala sekolah diaudit untuk kesejahteraan guru yang mengajar, termasuk menghapus pungli di sekolah. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean