Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Belajar Pertanian Kepada Ahlinya
(Ir. Fathurahman)

Belajar Pertanian Kepada Ahlinya
(Ir. Fathurahman)

Posted by Media Bawean on Selasa, 03 Maret 2015

Media Bawean, 3 Maret 2015





Siang hari ( 2/3/15) di desa Kebuntelukdalam. Sawah hijau menghampar bak permadani. Gemericik air dari pematang sawah mengalir merdu. Mendung tebal berarak di angkasa. Angin basah membelai wajah puluhan siswa MA Hasan Jufri yang sedang belajar ilmu pertanian kepada Ir. Fathurahman. Mantan kepala desa Kebuntelukdalam ini dikenal sebagai petani yang inovatif.

Ketekunannya membuahkan hasil yang gemilang. Beragam jenis sayuran dan buah-buahan ia hasilkan dari beberapa petak sawahnya. Seperti cabe,terong,kacang panjang,kolbis,sawi dan semangka dengan kualitas jempolan. Pada musimnya ia juga menanam padi seperti petani yang lain.

Para siswa belajar langsung mulai dari teknik pembibitan, perawatan, panen dan pemasaran. Ir. Fathurahman dengan telaten menjawab pertanyaan dari para siswa dan menunjukkan langsung contoh tanaman yang ada di sawah. “ Bawean ini tanahnya subur. Jika kita bisa memanfaatkan dengan baik maka kita tidak akan kekuarangan. Syaratnya harus tahu ilmunya. Jangan malu bertanya. Terus menanam dan belajar ” ujarnya.

Di tempat yang sama bapak Hijamudin, S.Pd (guru pendamping) menyampaikan harapannya kepada para siswa agar memanfaatkan waktunya untuk menanam sayuran di lahan kosong sekitar rumah. “Tanamlah sayuran di sekitar rumah kita. Paling tidak cukup untuk kebutuhan dapur sendiri. Ini konsep ketahanan pangan yang mulai ditinggalkan para pemuda. Yang riil bagi kita adalah bahwa semua kita butuh makan tiap hari. Jangan beli terus. Karena kita juga bisa menghasilkan” tutunya serius.

Diakhir pertemuan Ir. Fathurahman juga memberi nasehat kepada para siswa “ Menjadi petani itu sangat mulia. Petani memberi makan orang seluruh dunia” pungkas alumni fakultas pertanian UMM Malang ini.(kuncoro11)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean