Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pembuat Batu Bata Mampu Kuliahkan Anak

Pembuat Batu Bata Mampu Kuliahkan Anak

Posted by Media Bawean on Jumat, 28 Agustus 2015

Media Bawean, 28 Agustus 2015



Mayoritas warga Dusun Air Kuning, Desa Bululanjang, Kecamatan Sangkapura berprofesi sebagai pembuat batu bata merah. Meski begitu, masyarakat di sana tetap mementingkan pendidikan anak-anaknya. Bahkan, beberapa warga berhasil menyekolahkan anaknya di perguruan tinggi favorit dari hasil membuat bata merah.

Junaidi, 50, salah satu pembuat bata merah mengaku hasil penjualan batu bata merah telah berhasil membiayai kuliah anaknya di perguruan tinggi favorit di Surabaya. Termasuk sekarang memondokkan anak ke salah satu pondok pesantren (ponpes) di Pasuruan.

“Selama musim kemarau lahan sawah dipergunakan untuk mencetak batu bata merah, setelah musim tanam telah tiba maka akan ditanami padi,” paparnya.

Hasil tanam padi dipergunakan untuk makan bersama keluarga di rumah selama setahun, sedangkan batu bata merah hasilnya dibuat mencukupi kebutuhan rumah tangga termasuk menyekolahkan anak. “Kami membaginya seperti itu,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Hamdi, 34. Pihaknya mengatakan, dari profesinya sebagai mencetak batu bata merah dirinya bisa mencukupi kebutuhan keluarganya termasuk membiaya pendidikan anak bersekolah. “Alhamadulillah Mas, semua bisa tercukupi,” kata dia.

Menurut dia, dirinya sehari bisa mencetak batu bata merah sebanyak 5 ribu biji, lalu dikumpulkan sampai banyak. Setelah seminggu lamanya, akhirnya batu bata merah dibakar selama sehari semalam.“Harganya di Pulau Bawean, 1000 biji batu bata merah dijual seharga Rp 600 ribu,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Achmad Ghozi, tokoh pemuda setempat menjelaskan, warganya bekerja tidak mengenal waktu, bisa kerja selama sehari semalam mencetak batu bata merah yang dibantu seluruh keluarga. “Banyak generasi muda aktif membantu orang tuanya bekerja daripada bermain tidak menghasilkan apa-apa,”pungkasnya.(bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean