Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » BMKG Diminta Pantau Cuaca Bandara Bawean

BMKG Diminta Pantau Cuaca Bandara Bawean

Posted by Media Bawean on Rabu, 10 Februari 2016


Mulai beroperasinya Lapangan Terbang (Lapter) Harun Thohir membuat beban kerja petugas Stasiun Meteorologi Kelas III Bawean meningkat. Selain memantau kondisi laut untuk memberi informasi kepada ABK kapal. Kini, BMKG Bawean ini harus memantau perkem- bangan kondisi cuaca untuk memberi informasi kepada pihak Bandara.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Bawean Usman Khalid membenarkan adanya tugas khusus di Bandara Harun Thohir. “Setiap hari petugas dari BMKG selalu hadir di bandara untuk melak- sanakan tugas,” katanya.

Menurut dia, informasi cuaca untuk penerbangan memberikan informasi terkait keadaan cuaca di bandara, khususnya run way yang akan mempengaruhi pesawat saat take off atau landing. “Informasi tersebut diberikan kepada pihak bandara yang mengatur lalu lintas udara,”ujarnya.

Dijelaskan, dengan adanya informasi cuaca yang real time diharapkan lalu lintas udara dan pilot bisa merencanakan penerbangan dengan menggunakan prakiraan yang tepat. “Terutama saat adanya fenomena cuaca seperti badai guntur dan hujan yang akan mempengaruhi jarak pandang pilot dan membuat runway licin, angin kencang yang mempengaruhi kestabilan pesawat,”jelasnya.

Bukan hanya informasi cuaca untuk take off dan landing saja, informasi mengenai cuaca dengan lingkup luas sangat diperlukan. “Jadi setiap stasiun BMKG penerbangan wajib mengirim informasi cuaca daerah setempat diberikan kepada petugas bandara,”paparnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean