Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pengembangan Wisata Bawean Terkendala Status Cagar Alam

Pengembangan Wisata Bawean Terkendala Status Cagar Alam

Posted by Media Bawean on Kamis, 03 Maret 2016



Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik kesulitan tancap gas untuk mengembangkan wisata di Pulau Bawean. Penyebabnya, hampir seluruh lokasi yang berpotensi menjadi tempat wisata ternyata adalah cagar alam. Sehingga, untuk melakukan pengembangan perlu adanya koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Kepala Disbudparpora Kabupaten Gresik Siswadi Aprilianto mengatakan pihaknya kesulitan untuk melakukan pengembangan wisata Pulau Bawean. Sebab sampai sekarang status obyek wisata masih cagar alam ataupun suaka marga satwa. “Sehingga seluruh kewenangan di bawah BKSDA. Dikatakan, untuk bisa menggarap wisata di Bawean harus ada penurunan status objek wisata tersebut.

Dan kewenangan tersebut berada di tangan Bappeda Kabupaten Gresik untuk melakukan pengajuan. “Mau menggarap bagaimana bila statusnya masih cagar alam ataupun suaka marga satwa. Sementara ini masih menunggu kejelasan statistik terlebih dahulu,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Gresik Muntarifi menyatakan siap mendukung program pengembangan pariwisata di Pulau Bawean. “Sebagai wakil rakyat asal Bawean mempunyai kewajiban untuk berjuang kemajuan di daerahnya,”ujarnya.

Menurut dia, pengembangan wisata di Pulau Bawean bisa dilakukan kerjasama antara pemerintah bersama pengusaha dan tokoh masyarakat. “Jika stakeholder bersatu, saya yakin semua program bisa dilaksanakan secara baik,”jelasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean