Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Blusukan ke Desa-desa, Gali Potensi Masyarakat

Blusukan ke Desa-desa, Gali Potensi Masyarakat

Posted by Media Bawean on Jumat, 15 April 2016



Hari libur sangat berharga bagi Camat Tambak, Narto. Karena bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi warganya di desa-desa.

Diantaranya berkunjung ke tempat anyaman tikar di kampung Padang Jambu, desa Telukjatidawang. Narto, mengatakan anyaman tikar merupakan potensi unggulan dari Pulau Bawean Gresik. “Butuh perhatian khusus agar potensi tersebut tetap bisa dipertahankan dan dikembangkan,”katanya.

Sebagai wujud keperdulian terhadap penganyam tikar, pemerintahan kecamatan Tambak merencanakan menggelar pelatihan bagi generasi penerus agar tetap berkelanjutan. Selain itu, Narto mengharap agar penganyam tikar dibentuk kelompok untuk memajukan pemasaran.

Nur Faizah pengrajin anyaman tiket di Padang Jambu menyatakan sudah lama menekuni pembuat tikar, sebulan bisa membuat 5 sampai 6 lembar tikar.

Hasilnya dijual ke pasar ataupun dibeli warga Malaysia yang berkunjung ke Pulau Bawean. Sedangkan harganya Rp.250 ribu sampai Rp.300 ribu, tergantung panjang dan lebar tikar.

Lebih lanjut mengakui dirinya pandai mengayam tikar berkat belajar kepada orang tuanya. “Ketrampilan mengayam tikar merupakan warisan dari nenek moyang,”ujarnya.

Selain aktif mengayam di rumah, Faizah juga memberikan pelatihan kepada tetangganya, termasuk anak muda yang ingin belajar mengayam. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean