Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » PSB Kumpulkan Saudagar Bawean di Indonesia dan Luar Negeri

PSB Kumpulkan Saudagar Bawean di Indonesia dan Luar Negeri

Posted by Media Bawean on Selasa, 03 Mei 2016



Berangkat dari rasa peduli terhadap kesejahteraan kampung halaman, para perantau Bawean tergerak untuk menghimpun pengusaha yang sukses di rantau.

Ide itu tercetus dari silaturrahmi warga Bawean yang digelar di Gresik, Jawa Timur, September 2015 lalu. Maka tercetuslah organisasi Persatuan Saudagar Bawean (PSB).

Ketua umum PSB, Asy'ari mengatakan PSB untuk menyinergikan saudagar (pengusaha) Bawean yang ada di seluruh Indonesia, dan di luar negeri, terutama di Singapura dan Malaysia.

"Visinya mewujudkan saudagar Bawean yang tangguh dan berdaya saing tinggi mengahadapi tantangan yang semakin kompettif secara global," kata bos PT Swadaya Cipta itu, sebuah perusahaan general contractor yang berbasis di Gresik, saat ditemui di Hotel Horison King Batam bersama pengusaha Bawean di Batam, Sabtu (30/4).

Menurut pria asal Dusun Kotta, Kotakusuma, Sangkapura Bawean ini, dengan adanya wadah PSB harapannya bisa memberikan informasi dan memfasilitasi serta mengakomodir saudagar lain. "Kita juga akan menjalin kerjasama dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), instansi pemerintah dan pihak lain, yang akhirnya memberi kontribusi terhadap masyarakat Bawean," tuturnya.

"Intinya komunimasi dan kerjasama," imbuh pria yang akrab disapa Cari itu.

Kini, tercatat sudah ada 24 perwakilan daerah PSB di Indonesia termasuk Singapura dan Malaysia.

Mereka bergerak di berbagai bidang usaha, dari retail untuk alat olahraga, pabrik sepatu, konsultan, kontraktor, bimbingan belajar. "Di Kediri sepanjang Jalan Doha. Di Jogja ada handycraf untuk ekspor yang omsetnya sampai Rp 10 miliar per bulan. Saudagar Bawean di Bandung juga ada," kata Cari.

Cari mengatakan kunjungan ini untuk mengahadapi kongres nasional pertama PSB yang akan digelar di Diyandra Convention Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, 29 Mei mendatang.

"Ini sesuatu yang bagus, kalau dulu orang Bawean berebut jadi pegawai (negeri), sekarang berubah paradigma menjadi pengusaha," tukas Iqbal, pengusaha rumah makan di Batam.

Orang Bawean dulu, sambung Iqbal, adalah saudagar-saudagar yang tangguh, sehingga banyak yang sukses baik di Singapura, Malaysia maupun di Indonesia sendiri. "Saya berharap PSB ini jadi wadah jejaring saudagar dan warga Bawean," ujarnya.

Ketua dewan pembina PSB, Yahya Zaini, menyatakan organisasi PSB bersifat nasional yang mencoba menyinergikan saudagar Bawean se-Indonesia dan negara-negara tetangga. "Nantinya kita akan membantu kawan-kawan saudagar. Bisa dengan cara menggelar pelatihan untuk meningkatkan kualitas bisnisnya," ucap mantan anggota DPR RI asal Partai Golkar tersebut.

Bagi Yahya, PSB juga bisa meningkatan pariwisata di Bawean. "Kita punya tanggung jawab moral untuk meningkatkan parawisata di Bawean. Maka dari itu tema kongres nanti tentang pengembangan wisata Bahari Bawean."

Wisata di Pulau Bawean kini memang digadang-gadang oleh Pemprov Jatim dan Kabupaten Gresik menjadi ikon wisata bahari Jawa Timur. Insfrastruktur seperti jalan lingkar sudah dibangun dengan mulus. Transportasi laut juga ditambah, kapal cepat dan kapal roro. Bahkan kini sudah beroperasi pesawat udara dari-ke Bawean-Juanda Surabaya. "Memang sarana dan prasarana terbatas, dan masyarakatnya juga kan belum merata memahami ilmu hospitality dalam pariwisata.

Sementara itu, Husaini Rahman, pemilik PT Kuala Biru Utama Baru yang bergerak di bidang konsultan lingkungan dan berbais di Batam, menyatakan mendukung dibentuknya PSB. "Kita dukung. Ini bagus karena mempersatukan saudagar Bawean, apalagi ini era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)," ujar Husaini.

Cari menargetkan peserta yang hadir dalam kongras nasional perdana itu, dihadiri 300 peserta dari Indonesia dan luar negeri. "Kita sudah edarkan undangan, semoga sukses," harapnya yang didampingi sekretaris PSB, Afys. (ryh)

Sumber : Batam Pos

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean