Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Terbiasa Melayani Kawin Suntik untuk Ternak Sapi

Terbiasa Melayani Kawin Suntik untuk Ternak Sapi

Posted by Media Bawean on Jumat, 05 Agustus 2016


Sebagai abdi negara yang baik, pelayanan dan mengabdi pada masyarakat merupakan tujuan. Ini juga yang dilakukan Zaini kepala UPT Kelautan Perikanan dan Peternakan Bawean. Di antaranya tak kenal waktu melayani kebutuhan masyarakat.

Zaini mengaku hampir setiap hari bekerja turun ke pelosok desa untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan.

Menurutnya, panggilan dari warga merupakan tanggung jawab kerja yang harus dilaksanakan. “Apalagi terkait kesehatan hewan tentu butuh penaganan segera untuk memulihkan kesehatannya,”katanya.

Selain melayani penanganan kesehatan hewan ternak sapi, Zaini mengaku seringkali dipanggil warga untuk isiminasi buatan (IB) atau dikenal kawin buatan. “Setiap hari terkadang 2 sampai 6 kali dipanggil warga untuk melakukan isiminasi buatan,”ujarnya.

Sedangkan waktu melakukan isiminiasi membutuhkan waktu cepat saat hewan ternak sapi butuh perkawinan. “Jika terlambat membutuhkan waktu selama 21 hari lagi waktunya untuk minta kawin lagi,”paparnya.

Kawin buatan atau kawin suntik dilakukan oleh Zaini dengan memasukkan jarum suntik kedalam kemaluan hewan. “Pekerjaan ini sudah rutin dilakukan saat masih sekolah, setelah lulus langsung mengikuti pelatihan untuk mahir melakukannya,”ungkapnya.

Walaupun demikian Zaini dalam melakukan tugasnya memakai sarung tangan, alasan agar terhindar dari alergi pada kulit.

Kepala UPT Kelautan Perikanan dan Peternakan Bawean mengakui, populasi hewan ternak sapi di Pulau Bawean mulai menurun drastis. Diantara penyebabnya banyak sapi yang mandul dan dipotong untuk dijual dagingnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean