Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Tradisi Bertahan Di Bawean
Menyambut Hari 21 Ramadan

Tradisi Bertahan Di Bawean
Menyambut Hari 21 Ramadan

Posted by Media Bawean on Senin, 30 Agustus 2010

Media Bawean, 30 Agustus 2010


Pulau Bawean memiliki kekayaan tradisi yang berasal dari nenek moyangnya, tetapi sebagian besar tradisi sudah pupus hilang dari masyarakat Pulau Bawean. Salah satunya tradisi yang masih tetap bertahan sampai sekarang, adalah menyambut datangnya malam 21 puasa ramadhan oleh anak-anak dengan bersilaturrahim ke rumah saudara maupun teman akrabnya.

Tradisi malam 21 di Sangkapura masih dirayakan semarak dan menyesuaikan zaman modern, seperti jajan (berkat : Bawean) yang disuguhkan sudah produksi pabrik. Lain hanya dengan dahulu kala, bentuk sajian adalah makanan khas Pulau Bawean.

Hari ini (senin. 30/8) adalah hari 21 memasuki bulan puasa ramadhan. Di Pateken Kotakusuma, setelah selesai berbuka disepanjang jalan diramaikan dengan anak-anak yang mendatangi rumah saudara ataupun kenalan terdekatnya untuk menghantarkan jajan yang nantinya ditukar dengan jajan yang lain.

Menurut seorang ibu yang ditemui Media Bawean,  mengatakan tradisi malam 21 di Pulau Bawean sudah turun temurun dari nenek moyang. "Tradisi ini tidak pernah hilang, disebabkan punya daya tarik bagi anak-anak kecil," katanya. (bst)

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean