Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Baju Kurung Khas Melayu
Pakaian Khas Wanita Bawean

Baju Kurung Khas Melayu
Pakaian Khas Wanita Bawean

Posted by Media Bawean on Sabtu, 22 Oktober 2011

Media Bawean, 22 Oktober 2011

Oleh : Hety Apriliastuti Nurcahyarini*


Perempuan-perempuan Bawean selalu mengenakan baju kurung khas Melayu dalam berbagai kesempatan. Selain dikenakan sehari-hari, baju kurung tersebut juga dikenakan untuk menghadiri acara-acara penting di daerahnya, misalnya upacara pernikahan, upacara kematian, syukuran, hajatan, pengajian, dan lain-lain.

Uniknya, walau baju kurung tersebut dianggap sebagai baju daerah atau baju khas perempuan Bawean, mereka justru mendapatkan baju tersebut dari Malaysia. Sanak keluarga yang bekerja di Malaysia, sering sekali mengirimi mereka paket yang berisi baju kurung atau kain-kain panjang yang dapat mereka jahit sendiri menjadi baju kurung.

Begitu pula dengan kain yang setiap hari melilit di kaki mereka. Jika Jawa Tengah dan D. I. Yogyakarta memiliki kain khas batik, maka Bawean memiliki kain khas bermotif bunga yang sering digunakan oleh perempuan-perempuan Bawean. Sekali lagi, jika ditanya, kain tersebut bukan merupakan buatan masyarakat Bawean. Kain tersebut adalah kain dari Malaysia.

Baik baju kurung maupun kainnya, didominasi oleh motif bunga dalam berbagai warna. Kita dapat menemukan kain motif bunga dengan latar gelap sampai yang cerah ‘menyilaukan mata’ sekalipun. Semuanya tampak cantik dikenakan oleh perempuan-perempuan Bawean, dan tentu saja tampak anggun.

Hety Apriliastuti Nurcahyarini 
Guru Indonesia Mengajar (IM) di SDN II Kepuhlegundi (Panyelpangan)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean