Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Sadarkan Warga Untuk Berzakat
BAZ Gelar Pelatihan di Desa

Sadarkan Warga Untuk Berzakat
BAZ Gelar Pelatihan di Desa

Posted by Media Bawean on Rabu, 04 April 2012

Media Bawean, 4 April 2012


Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan Sangkapura, (Senin, 2/4/2012, mengadakan Pelatihan Zakat di Desa Patar Selamat Kecamatan Sangkapura, hadir sebagai peserta semua UPZ Dusun, dantokoh masyarakat desa Patar Selamat. Pengurus BAZ Kecamatan Sangkapura hadir M.Masykur (Ketua BAZ kecamatan Sangkapura) sebagai nara sumber, didampingi Raden Akhsanul Haq dan M.Saleh..

Abd. Salam sebagai Kepala Desa Patar Selamat dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Patar Selamat belum optimal dalam pengumpulan zakat, sehingga diselenggarakan pelatihan oleh BAZ kecamatan Sangkapura dengan harapan masyarakat akan sadar untuk mengeluarkan zakatnya.

Peserta pelatihan dalam sesi tanya jawab menyatakan salah satu kendala belum optimalnya pengumpulan zakat di UPZ Dusun, karena umumnya Muzakki ingin langsung mengeluarkan zakatnya kepada keluarga, tetangga ataupun merasa takut hartanya diketahui orang lain.

M .Masykur (Ketua BAZ kecamatan Sangkapura) sebagai nara sumber mengatakan bahwa para muzakki seyogyanya menyerahkan zakatnya pada Pengurus UPZ Dusun dengan beberapa alasan / keuntungan:

1. UPZ Dusun sebagai Amil resmi yang dibentuk oleh Pemerintah (SK Camat Sangkapura), sehingga apabila masyarakat menyerahkan zakatnya pada Pengurus UPZ Dusun berarti mendididik masyarakat untuk selalu patuh kepada Pemerintah.

2. Dengan diserahkannya urusan zakat pada Amil/ UPZ Dusun maka dapat menghindari penghitungan zakat yang salah dan penyalurannya yang tidak tepat sasaran dari para muzakki kepada para Mustahiq.

3. Menghidupkan Badan Amil Zakat, merupakan syi’ar agama, dan potensi dana zakat yang terhimpun di BAZ cukup efektif untuk menyelesaikan masalah kemiskinan, Pembangunan (dalam ruang lingkup yang lebih besar) demi kepentingan masyarakat secara bersama.

Adapun sasaran Pengurus BAZ Kecamatan Sangkapura mengadakan pelatihan ke UPZ Desa Patar Selamat bertujuan mengintensifkan penerimaan zakat dari pertanian padi di musim panen tahun 2012. (Kiriman M. Saleh Pengurus BAZ Sangkapura)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean