Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Hasil Panen Padi Terancam Menurun
Akibat Wabah Hama Wereng di Bawean

Hasil Panen Padi Terancam Menurun
Akibat Wabah Hama Wereng di Bawean

Posted by Media Bawean on Selasa, 19 Februari 2013

Media Bawean, 19 Februari 2013 


Kabar buruk bagi petani di Pulau Bawean, akibat mewabahnya hama wereng di Pulau Bawean akan mengancam hasil panen padi tahun ini akan menurun drastis.

Abd. Aziz sebagai Kepala UPT. Petanian Pulau Bawean dihubungi Media Bawean (selasa, 19/2/2013) menyatakan hama wereng telah menyerang seluruh kawasan pertanian di Pulau Bawean.

Sebagai antisipasi, pihak UPT Petanian Bawean telah membagikan obat pembasmi hama wereng kepada petani secara gratis. "Berhubung sekarang belum ada kapal, sehingga pengiriman masih terkendala ada di Gresik,"katanya.

Menurutnya, hama wereng jenisnya berbentuk coklat, sedangkan pertama kali masuknya hama ke Pulau Bawean, sekitar dua tahun yang lalu ketika ada salah satu warga yang menanam padi sari wangi di Poktan Gunung Lanjang, desa Bululanjang.

"Sehubungan kondisi perubahan cuaca, yaitu tertlalu lembab sehingga hama wereng mewabah hampir merata di Pulau Bawean,"ujarnya.

"Jika umur padi masih belum berbuah, ada harapan besar masih bisa diselamatkan, walaupun hasilnya nanti akan ada penurunan. Sebaliknya jika umur padi sudah berbuah dan terkena hama wereng sudah dipastikan akan tidak menghasilkan alias gagal panen,"terangnya.

"Bagi petani di Pulau Bawean, yang mengetahui tanaman padinya sudah kena wabah hama wereng agar segera menghubungi ketua poktan setempat atau melaporkan langsung kepada petugas pertanian untuk mendapatkan bantuan obat pembasmi hama,"pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean