Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Persaingan Pelayaran Kapal Bawean
Penumpang Nyaman Punya Alternatif

Persaingan Pelayaran Kapal Bawean
Penumpang Nyaman Punya Alternatif

Posted by Media Bawean on Minggu, 17 Februari 2013

Media Bawean, 17 Febaruari 2013 

Persaingan bisnis antara KM Express Bahari (EB) dan MV Tungkal Samudera (TS) membawa berkah bagi penumpang. Mereka akhirnya memiliki alternatif ketika ingin berlayar ke pulau Bawean atau sebaliknya. 

JANUAR SAGITA 
Wartawan Radar Gresik 

KONDISI itu berbeda saat pelayaran hanya dimonopoli oleh KM EB. Setiap saat, mereka selalu merasa khawatir mengenai ada tidaknya kapal yang akan mengangkut mereka ke Bawean, atau arah sebaliknya.

Sejak ada dua kapal yang melayari Gresik-Bawean, masyarakat Bawean sudah tidak terlalu bakal tidak kebagian tiket. Atau harga tiket melambung tinggi karena dipermainkan ulah para calo.

Selain menambah jumlah armada yang akan melayani para penumpang, dua kapal juga menyebabkan kompetisi antara Tungkal Samudra. Dengan Express Bahari perusahaan pelayaran yang selama ini telah membuka jalur pelayaran Gresik-Bawean terlebih dahulu.

Kompetisi seperti itu, tentu saja hal itu bisa memberikan dampak positif yang bisa dinikmati secara langsung oleh para calon penumpang. Amin Zahri (27) warga Desa Tambak Kecamatan Tambak mengatakan, saat ini warga Bawean memiliki lebih banyak pilihan untuk menentukan kapal mana yang akan mereka naiki. “Kalau kita akan melihat pihak mana yang memberikan pelayanan lebih baik, dan harganya murah,” ucapnya.

Amin mengungkapkan, antara Express Bahari dengan Tungkal Samudra saat sedang giat-giatnya melakukan promosi untuk merebut hati para calon penumpang. “Wah ini keduanya sampai sama-sama memberikan diskon yang besar untuk calon penumpang,” bebernya.

Amin mengungkapkan jika dia masih merasa lebih nyaman menaiki kapal Express Bahari untuk menuju Bawean. Sebab, kapal tersebut memiliki waktu tempuh hanya sekitar 3 jam saja. “Kalau naik kapalnya Tungkal Samudra kan bisa sampai 5 jam,” ungkapnya.

Udin Rouf (42) yang juga berasal dari Kecamatan Tambak mengungkapkan hal senada. Udin menganggap, hingga saat ini Express Bahari memang lebih menjadi pilihannya, karena waktu tempuhnya yang lebih cepat. Kendati demikian, Udin memaparkan tarif yang dipatok oleh Express Bahari masih terbilang lebih mahal dibandingkan dengan tarif yang dibanderol oleh Tungkal Samudera.

“Kalau naik Tungkal Samudera, potongan harga tiket VIP nya bisa mencapai Rp 60 ribu, kalau Express Bahari tidak sebesar itu,”urainya.

“Mungkin masih baru, promonya banyak,”sambungnya.

Hal berbeda disampaikan oleh Siti Sholikah warga Kecamatan Sangkapura Bawean. Siti mengaku dia jauh lebih nyaman pulang ke Bawean dengan menaiki kapal Tungkal Samudra. Menurutnya, kapal Tungkal Samudra memiliki standar keamanan lebih tinggi.

“Karena kapalnya itu kan besar, jadi saya kalau naik sama suami, dan anak saya yang masih kecil itu kok rasanya lebih tenang, dan tidak takut hantaman ombak besar,” tutur Sholikah. (*/ris)

Sumber :Radar Gresik

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean