Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Butuh Keseriusan Bersama
Pengembangan Pulau Bawean

Butuh Keseriusan Bersama
Pengembangan Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Minggu, 08 September 2013

Media Bawean, 8 September 2013


Lokakarya Pengelolaan dan Pengembangan investasi Pulau - Pulau Kecil di Pulau Bawean telah diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gresik yang dilaksanakan hari jum'at (6//9/2013), bertempat di Gedung Muslimat NU Pulau Bawean.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto dalam sambutannya mengatakan potensi yang dimiliki oleh Pulau Bawean masih sangat besar untuk dikembangkan, khususnya banyak pulau-pulau kecil yang mengelilinginya seperti Pulau Gili, Pulau Noko, Pulau China, Pulau Nusa dan lain-lain.

"Untuk menunjang pengembangan potensi di Pulau Bawean perlu pembangunan sarana dan prasarana, seperti perbaikan transportasi laut, pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan rumah sakit, terpenuhi listrik dan lain-lain,"katanya.

"Potensi yang dimiliki Pulau Bawean menjadi kebanggaan bersama, serta layak menjadi Bali-nya Propinsi Jawa Timur,"ujarnya.

Setelah lokakarya dilaksanakan, para pakar menyimpulkan bahwa Pulau Bawean mempunyai banyak pulau-pulau kecil dengan potensi terumbu karang dibawa laut masih sangat bangus dibanding daerah lain di Indonesia. "Hamparan terumbu karangnya mempunyai potensi besar untuk dikembangkan mendatangkan para wisatawan ke Pulau Bawean,"paparnya peneliti dari Universitas Trinojoyo Madura.

Profesor Ir. Daniel M. Rosyid, PhD.  menyatakan pengembangan Pulau Bawean sebagai daerah tujuan wisata, dibutuhkan sikap ramah warga dalam menerima orang yang berkunjung. "Ini sudah dimiliki orang Bawean, setiap ada tamu yang berkunjung dipastikan akan mendapat pelayanan terbaik,"jelasnya.

Dalam lokakarya dihasilkan bahwa untuk pengembangan Pulau Bawean, diperlukan adanya perbaikan transportasi laut yang menghubungkan Gresik - Pulau Bawean, serta tersedianya fasilitasi sarana dan prasarana, juga pengembangan dan permberdayaan masyarakat Pulau Bawean. 

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Gresik, Sentot Supriyohadi dalam lokakarya mengajak kepada seluruh yang hadir untuk bersinergi dalam mengembangkan potensi pulau-pulau kecil di Pulau Bawean. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean