Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Pak Arfai Sang Nominator
Piala Satya Lencana Pembangunan

Pak Arfai Sang Nominator
Piala Satya Lencana Pembangunan

Posted by Media Bawean on Minggu, 29 September 2013

Media Bawean, 29 September 2013


Pak Arfai, pegiat lingkungan asal Desa Gelam, Kecamatan Tambak Bawean, Gresik menjadi nominator penghargaan Satya Lencana Pembangunan. Rencanannya penghargaan bergengsi ini akan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, pada bulan November mendatang tepatnya pada hari cinta puspa dan satwa nasional.

Kabar gembira ini disampaikan langsung oleh Indra Wiragana, Kepala Badan Lingkungan Hidup Jawa Timur di lokasi konservasi hutan mangrove pasir putih di Dusun Paginda Desa Sukaoneng Kecamatan Tambak, Selasa (24/09/2013) kepada Bapak Arpai yang disaksikan langsung oleh Camat Tambak dan warga dusun Paginda.

Kunjungan ini melibatkan 11 orang peneliti dari BLH Jatim dan 1 orang peneliti dari BLH Gresik yang melihat langsung kondisi hutan mangrove yang dirintis Bapak Arfai, yang akhirnya mengantarkan beliau meraih penghargaan Kalpataru pada tahun 2000.

Dari Jawa Timur terpilih dua nominator yang akan mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan, yaitu pengelolahan lahan kritis di Kabupaten Bondowoso dan perintis hutan mangrove Kabupaten Gresik yaitu Pantai Pasir Putih Bawean, Pak Arpai.

Ditemui dilokasi hutan mangrove pasir putih, Indra Wiragana mengatakan bahwa hasil penelitian tim BLH Jatim akan dilaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta. “Kalau waktunya memungkinkan saya berani mendatangkan tim peneliti dari pusat untuk melihat langsung pasir putih ini”, tegas Indra Wiragana, yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur.

Selain mengunjungi hutan konservasi mangrove di Pasir Putih, Rabu 25 September 2013, tim peneliti BLH Jatim juga mengunjungi penangkaran Rusa Bawean dan Cagar Alam Danau Kastoba. (yn)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean