Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Warga Desa Suwari Resah, Maling Kampung Seringkali Beraksi

Warga Desa Suwari Resah, Maling Kampung Seringkali Beraksi

Posted by Media Bawean on Minggu, 06 Oktober 2013

Media Bawean, 5 Oktober 2013

Warga desa Suwari, kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik diresahkan aksi maling kampung.

Abd. Aziz (Sekdes Suwari) membenarkan sering terjadi kemalingan di desanya. "Maling beraksi disaat warga lengah, seperti menghadiri acara di kampung,"katanya.

"Jika nantinya maling tertangkap, sebaiknya tidak diselesaikan di desa. Wajib diproses hukum sebagai efek jera kepada pelaku. Sementara ini penyelesaian di desa ternyata tidak menyelesaikan persoalan justru menumbuhsuburkan maling untuk melakukan aksinya,"paparnya.

Solusi terbaik untuk menjaga keamanan di desa, menurutnya bisa memfungsikan warga bersama karang taruna desa untuk memfungsikan kamtibmas, seperti mengaktifkan siskamling dan ronda malam hari.

Hal senada disampaikan oleh Natsir sebagai anggota BPD di desa Suwari, sudah seringkali menyampaikan kepada kepala desa untuk segera mengaktifkan siskamling. "Maling beraksi karena ada kesempatan atau peluang untuk melakukan kejahatan. Sudah saatnya untuk mengantisipasi agar kejadian yang selama ini kerap terjadi tidak terulang kembali,"harapannya.

Suara warga yang tidak bersedia disebut namanya, menyampaikan merasa resah atas seringnya terjadi kemalingan yang menimpa warga. "Merasa kurang aman menjadikan warga merasa takut untuk meninggalkan rumah,"ujarnya.

"Harapannya harus ada langkah antisipasi oleh desa, agar peristiwa kemalingan tidak berulang kembali,"tuturnya.

Ruhan, kepala desa Suwari merespon seringnya terjadi kemalingan di desanya, mengatakan akan segera berkoordinasi dengan aparat desa untuk mengantisipasinya. 

Perlu diketahui, di desa Suwari sudah sering terjadi kemalingan. Diantaranya toko Sumarni, kehilangan tong gas, alat pancing, dan lain-lain. Lalu rumah Fadali yang disatroni maling saat menghadiri acara peringatan Isra' Mi'raj di masjid Suwari. Kemudian rumah Khumailah yang ditinggal ke Jakarta juga dimasuki maling. 

AKP. H. Zamzani, SH. Kapolsek Sangkapura dihubungi Media Bawean, menyarakan kepada pemerintahan desa agar memfungsikan kamtibmas untuk mengaktifkan siskamling. "Jika terjadi sesuatu segera melapor, agar ditindaklanjuti untuk mengungkap pelakunya,"terangnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean