Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Sosialisasi Sumber Daya Laut
di Desa Dekatagung, Pulau Bawean

Sosialisasi Sumber Daya Laut
di Desa Dekatagung, Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Jumat, 22 November 2013

Media Bawean, 22 November 2013


Dinas Kelautan, Perikanan dan Pertenakan Kabupaten Gresik menggelar sosialisasi Sumber Daya Laut di desa Dekatagung, kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik (jum'at, 22/11/2013), bertempat di Balai Desa Dekatagung.

Hadir Muspika Kecamatan Sangkapura, bersama tokoh nelayan di desa Dekatagung.

Arif dalam penyampaian makalahnya menerangkan tentang pentingnya pengembangan potensi sumber daya laut. Diantara manfaat paling utama untuk dikembangkan sebagai ekowisata,

Menurutnya potensi ekowisata di Kabupaten Gresik, letaknya ada di Pulau Bawean. "Sementara ini belum dikembangkan, tapi nantinya potensi sangat prospek untuk pengembangan ekonomi masyarakat Pulau Bawean,"katanya.

"Melalui sosialisasi, marilah kita jaga lingkungan agar tidak rusak. Diperlukan kearifan lokal untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dengan membuat peraturan desa untuk mengatur agar lingkungan tetap terjaga,"paparnya.

Lebih lanjut Arif menjelaskan potensi sumber daya laut di Pulau Bawean. "Hampir disetiap sudut laut memiliki potensi untuk dikembangkan, khususnya pengembangan ekowisata,"ujarnya.

"Adapun persoalan paling utama pengembangan ekowisata, yaitu kurang lancarnya transportasi laut Gresik - Pulau Bawean. Dikarenakan tidak ada kepastian, sehingga banyak kurang berminat untuk berkunjung untuk menikmati ekowisata di Pulau Bawean,"jelasnya.

"Persoalan selanjutnya, yaitu kurangnya publikasi kepada peminat ekowisata. Perlu adanya publikasi agar warga luar bisa mengetahui adanya ekowisata di Pulau Bawean,"tuturnya.

Setelah ekowisata dikembangan, terang Arif, nantinya masyarakat akan memanfaatkan sebagai sumber pendapat untuk pengembangan perekonomian dengan menjual jasa, bukan menjual fisik alamnya.(bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean