Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Suara Tokoh Pulau Bawean
Bendera Singapura Berkibar di Bawean

Suara Tokoh Pulau Bawean
Bendera Singapura Berkibar di Bawean

Posted by Media Bawean on Rabu, 06 Agustus 2014

Media Bawean, 6 Agustus 2014


Baharuddin (Pembina Teater Astaga)
Apa yang dilakukan anak-anak atau pemuda dengan memasang bendera Singapore berdampingan dengan bendera negara -- diatas mobil pick up yang mereka naiki -- hanya sekedar euforia saja keliling Pulau Bawean pada saat lebaran yang lalu. Tidak ada pelanggaran terhadap UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang-lambang Negara serta Lagu Keangsaan. 

Hanya saja tidak etis. Apalagi menurut pasal 17 ayat 2.a. menyebutkan bahwa Bendera Negara harus ditempatkan disebelah kanan dari bendera asing. Jadi, tindakan polisi sudah benar. Mereka perlu diberi pembinaan.

Ali Asyhar (Dosen STAIHA Bawean)
Kita lihat duli motifnya. Bila hanya iseng maka segera hentikan. Karena bendera adalah lambang kedaulatan. Bila lebih dari itu, maka sudah menjadi wewenang aparat.

M. Riza Fahlevi di Batam
Mereka tidak tahu saja, mungkin maksudnya ingin pamer, bukan tujuan separatis. Bagaimanapun Singapura saat ini jadi magnet untuk cari dolar bagi warga Pulau Bawean, wajar saja. Beri pengertian, orang Pulau Bawean tidak ada bakat separatis.

Saiful Aiman di Malaysia
Kalau mengibarkan bendera asing seperti bendera negara Singapura tidak boleh sewenang wenang. Kecuali ada even negara atau negara asing itu peserta. Seperti pengibaran bendera Singapura di Pulau Bawean, polisi harus mempertanyakan apa niat orang tersebut.

Bendera negara lain tidak bisa sewenang-wenang dikibarkan di negara kita Republik Indonesia. Hanya bisa di even olahraga, musyawarah hubungan bilateral atau even perdagangan. Kalau suka-suka itu harus di larangan dan perlu dipertanyakan, apa tujuannya. Jangan sampai mengundang hal yang tidak diinginkan.(bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean