Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Berburu Tikus di Desa Bululanjang

Berburu Tikus di Desa Bululanjang

Posted by Media Bawean on Rabu, 10 September 2014

Media Bawean, 10 September 2014


Selama ini tikus tidak pernah laku dijual ke pasar, tapi kemarin (selasa, 9/9/2014) tikus dibeli Rp.500 per ekor dalam kegiatan memburu dan menangkapnya di Pesawahan Duku Durin, desa Bululanjang, Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik.

Kegiatan UPTD Pertanian Pulau Bawean bekerjasama dengan pemerintahan desa Bululanjang dihadiri Abdul Adim, Camat Sangkapura bersama aparat Muspika yang terjun langsung memburu dan menangkap tikus di sawah.

Sebelum acara pemburuan dimulai, Parto dari UPTD Pertanian menjelaskan tata cara memburu tikus, termasuk pemberian racun yang dibakar agar keluar dari sarangnya.

Sedangkan Umar, kades Bululanjang mengatakan kegiatan memburu dan menangkap tikus merupakan rutinitas tahunan untuk meningkatkan hasil pertanian di wilayahnya. Untuk memotivasi seluruh peserta, kades siap membeli tikus hasil tangkapan dengan harga Rp.500 per ekornya.

Dibantu siswa sekolah di SDN Bululanjang, aksi pemburuan tikus berlangsung seru dan penuh semangat dengan menggali lubang-lubang sarangnya di sawah.

Abdul Adim, Camat Sangkapura mengapresiasi kegiatan pemburuan tikus dan penangkapannya termasuk kegiatan layak ditiru oleh petani yang lain untuk meningkatkan hasil panen. Untuk mendukung kegiatan, seluruh aparat kecamatan Sangkapura bersama anggota Polsek dan Koramil terjun langsung ke sawah untuk turut memburu dan menangkap tikus.

Mardiyah dari Penyuluh Pertanian di Sangkapura menyatakan tikus termasuk perusak hasil panen di sawah. "Buktinya, banyak hasil panen gagal disebabkan dimakan tikus,"tuturnya.

Selesai panen, menurut Mardiyah, banyak tikus membuat sarang di sawah, setelah proses penanaman sampai tumbuh akan keluar untuk memakan buah padi. "Solusinya sekarang ini untuk memburu dan menangkap tikus nakal di sawah,"paparnya.

Setelah proses pemburuan dan penangkapan selesai, hasilnya terkumpul sebanyak 41 ekor tikus yang berhasil dimusnahkan. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean