Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Hikab Batam Punya Sekretariat
Raker Perdana Berjalan Sukses

Hikab Batam Punya Sekretariat
Raker Perdana Berjalan Sukses

Posted by Media Bawean on Senin, 02 Maret 2015

Media Bawean, 2 Maret 2015





Pengurus Himpunan Keluarga Bawean (HIKAB) Kota Batam periode 2015-2020 mengadakan rapat kerja perdananya dengan agenda membuat program kerja bidang-bidang/divisi di Gedung Asrama Haji Batam, Minggu (1/3/2015).

Ada sembilan bidang/divisi dalam struktur kepengurusan HIKAB Batam, yaitu Bidang Sekretariat, Bendahara, Hukum dan Advokasi, Usaha dan Hubungan Luar Negeri, Pemuda dan Olahraga, Seni dan Budaya, Keagamaan, Humas dan Kominfo, Organisasi dan Pengkaderan, Perananan Wanita, serta Bidang Perlengkapan dan Umum.

Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB itu dibuka oleh ketua Hikab Batam Aman, wakil ketua Hikab Batam Senin Rahmat, dan sekretaris HIKAB Batam Achmad Yani.

Kemudian, Aman menyerahkan kepemimpinan rapat kerja kepada Fauzi sebagai pimpinan, Muhammad Irwan dan Umamah masing-masing sebagai sekretaris raker.

Satu per satu koordinator bidang memaparkan rencana program kerja. Raker berjalan lancar dan terbuka. Setiap peserta rapat bisa menyanggah, mengkritik, atau memberi masukan setiap rencana yang disampaikan koordinator bidang. Jika rencana itu disetujui, maka rencana tersebut akan menjadi program kerja organisasi.

Achmad Yani sebagai sekretaris mendapat kesempatan pertama untuk memaparkan program kerjanya. Salah satu poin penting yang mendapat respon dari peserta rapat adalah sekretariat. Awalnya Ruko milik Ismail di Sungaipanas yang diajukan Yani untuk markas atau sekretariat HIKAB Batam. Namun karena terkendala masalah pendanaan maka rencana itu terpendam. "Kalau begitu, saya tawarkan salah satu ruangan ruko saya sebagai sekretariat HIKAB," Fauzi tiba-tiba nyeletuk dari meja pimpinan menawarkan diri.

"Kenapa gak bilang dari kemarin-kemarin," tukas Yani, yang disambut gerrrr...peserta.

Akhirnya diputuskan ruko di komplek Mega Legenda Blok A3 -33, Batam Kota, yang disewa selama setahun itu menjadi sekretariat HIKAB Batam. Selain warung kopi, ruko yang berada di depan panggung Mega Legenda, juga punya usaha fotokopi, warnet, jual pulsa, alat tulis kantor, jasa pembayaran online dan sebagainya.

Mustajib sebagai bendahara menekankan ketertiban dalam neraca keuangan oraganisasi. "Uang keluar dan masuk harus tercatat dengan rapi," kata PNS di Kecamatan Nongsa ini.

Sementara itu, Bidang Usaha dan Hubungan Luar Negeri juga mendapat respon yang banyak dari peserta. Pasalnya, bidang ini mempunyai program untuk mencari sumber-sumber dana organisasi sehingga organisasi menjadi mandiri. "Kita cari peluang usaha, misalnya kita kelola produk-produk asli Bawean seperti gula aren dan lainnya lalu kita jual di sini," kata Alfan Mujib, koordinator Bidang Usaha dan Hubungan Luar Negeri.

"Produk itu kan bisa juga kita pasarkan ke Malaysia dan Singapura," sambungnya.

Begitu juga dengan bidang-bidang lainnya. Program-programnya selalu mendapat sambutan yang positif dari peserta raker. Misalnya Bidang Pemuda dan Olahraga punya program kerja menyelenggarakan Hikab Cup di cabang olahraga sepak takraw. Seni dan Budaya dengan Festival Kercengan, Mandiling, dan karaoke lagu Bawean. Bidang Humas dan Kominfo dengan teknologi informasinya, yakni meluncurkan situs resmi Hikab Batam hikabbatam.wordpress.com, Facebook, Twitter, dan email resmi organisasi; hikab.batam@gmail.com dan hikab.batam@yahoo.co.id. "Situs itu sebagai pintu resmi informasi organisasi, baik sekadar informasi maupun kebijakan organisasi terkait sosial, budaya, ekonomi, maupun politik," kata Yusuf Hidayat, koordinator Bidang Humas dan Kominfo Hikab Batam.

Bidang Keagamaan dengan program rutin pengajian umumnya yang disepakati akan diadakan secara bergilir ke masjid-masjid se-Kota Batam, tidak seperti sebelumnya yang hanya seputar Sungaipanas dari rumah ke rumah peserta arisan ibu-ibu IKBB/HIKAB Batam.

Ketua HIKAB Batam Aman, mengatakan rapat kerja ini sebagai langkah pertama organisasi menuju lebih baik. "Selain itu, raker ini untuk pembelajaran bagi kita sebagai pengurus sebagai sebuah organisasi," ujar Aman.

Selanjutnya, Aman dan pimpinan lainnya menunjuk tim penyusun anggaran dasar anggaran rumah tangga dan program kerja HIKAB Batam periode 2015-2020.** (HIKAB)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean