Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Samwil (Anggota DPRD Provinsi Jatim)
Desak Pemkab Gresik Beli Kapal

Samwil (Anggota DPRD Provinsi Jatim)
Desak Pemkab Gresik Beli Kapal

Posted by Media Bawean on Selasa, 14 Juli 2015

Media Bawean, 14 Juli 2015

Anggota Komisi D (bagian pembangunan) DPRD Jawa Timur, Samwil, prihatin terhadap persoalan transportasi laut untuk rute Gresik-Bawean dan Bawean-Gresik.

Dia menilai, tiga kapal yang saat ini menjadi tulang punggung pelayaran, sudah tak layak. Kapal itu antara lain KM Express Bahari 8-E, KM Natuna Express, dan KM Gili Iyang) yang selama ini beroperasi bergantian untuk melayani rute itu.

Transportasi kapal merupakan satu-satunya akses untuk bisa ke Pulau Bawean. Dalam sehari, keberangkatan dari dan menuju Pulau Bawean hanya sekali.

"Masalah ini bukanlah persoalan baru bagi warga Pulau Bawean. Mestinya pemerintah setempat (Gresik) memprioritaskan transportasi ke Pulau Bawean dengan kapal yang lebih layak. Paling tidak pemda bisa membelinya untuk warga Pulau Bawean," kata Samwil, saat dihubungi, Senin (13/7/2015).

Samwil menilai kapal argo alias kapal barang lebih layak beroperasi untuk menuju Pulau Bawean. "Kapasitasnya lebih besar dengan bobot lebih kuat dibanding tiga kapal itu. Nah, tinggal dimodifikasi menjadi kapal penumpang," ujarnya.

Politisi asal Demokrat itu mencontohkan, Gubernur Jatim Soekarwo pernah menyediakan kapal argo yang dimodifikasi menjadi kapal penumpang pada arus mudik 2014 lalu. "Namun sayangnya warga Bawean lebih memilih tiga kapal itu lantaran lebih cepat," tutur politisi yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Gresik itu.

Menurut Samwil, pemkab Gresik mampu membeli kapal yang layak untuk beroperasi Gresik-Bawean. "Kalau membangun Stadion Lengis dengan anggaran sekitar Rp.350 miliar bisa, untuk membeli kapal atau mendatangkan kapal pun saya kira sangat bisa. Jika tidak, persoalan ini akan terus dialami warga Pulau Bawean," tuntasnya. UWA

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean