Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Seni dan Budaya Pulau Bawean Meriahkan Halal Bihalal di Gresik

Seni dan Budaya Pulau Bawean Meriahkan Halal Bihalal di Gresik

Posted by Media Bawean on Senin, 10 Agustus 2015

Media Bawean, 10 Agustus 2015





Ribuan warga Pulau Bawean di rantau yang menghadiri Halal Bihalal dan Silaturrahim yang digelar di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) Gresik, hari minggu (9/8/2015) merasa terhibur dengan penampilan seni dan budaya daerah asalanya.

Penampilan Ahen bersama kawan-kawan, penyanyi asal Pulau Bawean dalam acara pembuka membuat seluruh yang hadir merasa terhibur. Ahen melantuntkan lagu-lagu berbahasa Bawean yang telah beredar kasetnya sampai mancanegara. Termasuk album terbarunya Etappor Maktoah juga dinyanyikan sebagai kado kepada panitia pelaksana Halal Bihalal dan Silaturrahim Warga Bawean Rantau yang digelar di Gresik.

Selanjutnya kesenian mandailing asuhan Cuk Sugrito, tampil menari dihadapan tamu undangan yang disaksikan ribuan warga Bawean yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk dari luar negeri. Lemah gemulainya penari membuat penonton terkesima melihatnya.

Dungkah Bawean asal desa Tanjungori, Tambak tampil kompak menumbuk lesung yang diiringi nyanyian berbahasa Bawean. Peserta didominasi kaum ibu berusia lanjut membawa daya tarik kepada seluruh penonton.

"Lagu-lagu dungkah mengandung nilai filosofi yang tinggi,"ujar Badrus Sholeh, notaris asal Bawean yang bertempat tinggal di Gresik.

Penampilan pendekar pencak silat dari desa Daun juga mengingatkan kepada seluruh yang hadir akan tradisi pencak di daerah asalnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean