Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kesenian Bawean Go Internasional

Kesenian Bawean Go Internasional

Posted by Media Bawean on Rabu, 18 November 2015




Seluruh seniman sepakat untuk memperkenalkan kebudayaan dan kesenian Pulau Bawean menuju masyarakt internasional. Salahsatu kelompok kesenian yang sering manggung di luar negeri adalah Teater Umma.

“Sudah lima kali tampil di Singapura atas undangan Persatuan Bawean Singapura (PBS), dilanjutkan ke Malaysia menghibur warga Bawean disana,” kata Cuk Sugiarto, pendiri Teater Umma.

Menurut dia, sebagai pemerhati kesenian, dirinya memiliki punya kewajiban untuk melestarikan kesenian yang ada. Apalagi, kesenian dari luar terkadang tak sesuai budaya lokal, sehingga perlu diantasipasi melalui penguatan seni asli daerah. “Jadi selain memperkenalkan budaya, kita juga harus memperkuatnya agar tidak terpengaruh budaya luar,” kata dia.

Ditambahkan, pihaknya semakin antusias karena adanya sambutan positif dari masyarakat Pulau Bawean. Buktinya, warga selalu mengundang grup kesenian miliknya disetiap hajatan yang ada. “Itupun bukan soal target nominal yang dikejar, karena setiap tampil selalunya bermodalkan keikhlasan,” ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Ilyas, vokalis group Teater Umma mengaku senang atas terbentuknya perkumpulan kesenian Pulau Bawean. Melalui seni bisa mengenalkan Bawean kepada orang, termasuk tampil di luar negeri. “Kalau tidak kita siapa yang akan menjaga budaya asli Bawean ini,” pungkas dia. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean