Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » KLM Srimonah Tujuan Bawean Tenggelam di Kalimas Surabaya

KLM Srimonah Tujuan Bawean Tenggelam di Kalimas Surabaya

Posted by Media Bawean on Jumat, 04 Desember 2015


Tragedi kecelakaan Transportasi kembali terjadi di Pelabuhan Tanjung Perak. Kali ini adalah kapal motor bermuatan logistik tujuan Bawean Gresik karam di kolam dermaga Terminal Kalimas, Rabu (2/12). Beruntung seluruh Anak Buah Kapal, dan muatan kapal berupa logistik berhasil diselamatkan.‎

Tenggelamannya kapal layar motor (KLM) Srimonah yang membawa 6 awak kapal termasuk nakhoda ini karena berlayar terlalu minggir di sisi timur pelabuhan Kalimas, sehingga menabrak benda yang ada di dalam alur dekat dinding pembatas lahan PT PAL (Persero). Akibatnya, kapal yang bermuatan berbagai macam kebutuhan masyarakat di Bawean itu mengalami kebocoroan di bagian bawah ketika kondisi air laut dalam keadaan surut, sehingga kapal tidak tenggelam sepenuhnya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Saat itu hendak mengirim muatan ke Pulau Bawean. Tapi saat berangkat, kapal menabrak dinding dermaga hingga lambung bocor. Dalam sekejap kapal langsung miring dan karam,” tutur Capt. Musri Nahkoda kapal ditemui wartawan, kemarin.

Sementara itu, melihat kronologi kecelakaan yang beredar, kapal kayu itu mencoba menghindari kapal yang hendak masuk. Mengingat ruang gerak kapal yang terbatas, nahkoda pun mengambil haluan. Begitu banyaknya muatan, laju kapal tak mampu dikuasi sehingga tonggak kayu penahan dinding dermaga pun merobek dinding lambung kapal.

“Kondisinya ditambah muatannya yang berlebihan dan tidak seimbang membuat kapal miring,” tutur Daimanus, saksi mata.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran Tanjung Perak Surabaya, Capt. Rudiana mengatakan, bahwa ada kemungkinan jika kapal tersebut menabrak sesuatu di bawah air. Akibatnya mengalami kebocoran dan harus dilakukan bongkar muatan lagi ke darat.

“Jadi kalau sudah selesai melakukan evakuasi muatannya dan dipindah ke daratan, nanti akan ditambal kebocorannya lalu ditarik ke dalam pelabuhan Kalimas. Mudah-mudahan dengan dilakukan penanganan yang cepat tidak menganggu alur keluar masuk kapal di Kalimas,” jelasnya.

Terpisah, Jatmiko, Kasi Laik Layar Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak mengatakan bahwa setelah evakuasi barang-barang selesai dilakukan, selanjutnya akan dilakukan penarikan kapal ke dalam agar tidak mengganggu alur.

“Kami sudah minta kepada pemilik dan operator kapal untuk segera mengevakuasi barang-barangnya. Begitu selesai nanti ditarik ke dalam, karena kapalnya kecil,” katanya. Banyak faktor penyebab kapal mengalami kecelakaan. Beberapa kecelakaan kapal akhir-akhir ini, hampir bisa dipastikan akibat kondisi cuaca buruk (heavy weather). Namun cuaca buruk tidak boleh selalu menjadi kambing hitam.

“Faktor lain yang memperburuk kecelakaan adalah banyak kapal yang sudah tua, ketidakpatuhan terhadap regulasi, dan faktor manajemen pelayaran yang amburadul,” tegasnya.

Belum ada informasi berapa kerugian yang ditanggung oleh pemilik barang akibat kecelakaan tersebut. Yang pasti, perusahaan asuransi tidak memberikan jaminan asuransi pengangkutan barang (marine cargo) dengan menggunakan kapal layar motor.

Sekadar diketahui, kapal-kapal yang berada di Pelabuhan Kalimas, merupakan kapal-kapal yang dikhususkan untuk memasok logistik di pulau-pulau terpencil di seluruh Indonesia. (arm)

Sumber : Duta

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean